Header Ads

Demi Dapatkan Pasokan Air Ke Sawah Dan Tak Gagal Panen, Para Petani Berinisiatif Membendung Sungai

Tambelang, wajahbekasi. Com,   Sejumlah petani di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi,kerja bakti membendung kali ( sungai-red ) demi mengaliri air ke sawah miliknya. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi gagal panen yang disebabkan kurangnya pasokan air kali yang mengalir ke sawah para petani.

"Persawahan kini di wilayah kami mengalami kekeringan bang, kami takut panen tahun ini gagal akibat dilanda kekeringan air bang, dan awal hari ini kami dan petani lainnya di Desa Sukadaya bersama-sama untuk membendung kali pengarengan, agar bisa masuk ke aliran persawahan”, terang Nawawi,salah satu petani saat di konfirmasi wajah bekasi.com di lokasi.Sabtu (29/06/2019).


Demi Dapatkan Pasokan Air Ke Sawah Dan Tak Gagal Panen, Para Petani Berinisiatif Membendung Sungai


Aksi Petani ini di pimpin langsung Kepala Desa Sukadaya, Sartija Arizona .Dia menjelaskan, pentingnya aliran air ke sawah-sawah petani mengingat mayoritas penduduk Desa Sukadaya berprofesi sebagai petani.

"Apalagi pertanian adalah pokok utama kehidupan kita,"kata Sartija saat ditemui di lokasi.

Terlihat para petani membendung kali dengan menggunakan karung yang diisi dengan tanah,dengan penuh semangat gotong royong mereka dapat membendung kali dan mengaliri air kesawah meski air yang mengalir belum secara merata mengalir secara maksimal.

( Red)

Tidak ada komentar