Header Ads

Optimalisasi Wakaf Produktif di Indonesia

Optimalisasi Wakaf Produktif di Indonesia

Oleh Kartini
Mahasiswi STEI SEBI

Optimalisasi Wakaf Produktif di Indonesia

Indonesia yang merupakan Negara terluas di dunia dan memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia seharusnya bisa memaksimalkan potensi wakaf di Indonesia.

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu wakaf ? Menurut Imam Nawawi wakaf adalah menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tetapi bukan untuk dirinya, sementara benda itu tetap ada padanya dan digunakan manfaatnya untuk kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Wakaf memiliki peranan penting untuk kemajuan islam dan wakaf bisa menjadi solusi untuk pemanfaatan tanah secara produktif, melalui wakaf tanah yang kosong maupun tanah yang strategis dapat diproduktifkan dengan baik.

Wakaf memiliki potensi dan kekuatan besar untuk meningkatkan kesejahteraan umat dan memiliki manfaat yang lebih dibandingkan dengan wakaf sosial. Manfaat dari wakaf produktif ini akan terus berkembang dan berlangsung lama. Wakaf ini memberikan keuntungan baik bagi pengelola maupun masyarakat yang kemudian bisa merasakan hasilnya melalui kegiatan sosial.

Pengelolaan aset wakaf pada saat ini masih berkutat pada pembangunan pesantren, sekolah, masjid kuburan dan sebagainya yang merupakan wakaf sosial, sedangkan pengelolaan wakaf kearah yang produktif itu dinilai masih minim dan potensi tersebut belum dikembangkan secara optimal, hal ini dikarenakan pemahaman masyarakat terhadap wakaf masih kurang dan pada umumnya harta benda wakaf di Indonesia merupakan benda tidak bergerak.

Sebagian orang hanya mengetahui wakaf sosial seperti apa yang tadi dijelaskan diatas walaupun wakaf sosial sama sama mempunyai nilai kebaikan tetapi wakaf tersebut dinilai kurang menghasilkan produktivitas dan manfaat yang lebih luas untuk umat. Sebenarnya apabila asset wakaf dilakukan secara optimal akan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.

Yang harus dilakukan adalah memberikan pemahaman terhadap masyarakat mengenai wakaf kemudian lebih ditingkatkan lagi terkait sosialisasi tentang bagaimana masyarakat memberikan sesuatu yang sederhana untuk menjadi sesuatu yang besar.

Oleh karena itu, tantangan dan peluang bagi semua kalangan dalam mengembangkan tanah tersebut supaya menjadi bernilai ekonomi dalam membantu pemberdayaan ekonomi umat dan memberikan amal jariah bagi wakif yang telah mewakafkan tanah wakafnya.

Pemanfaatan lahan-lahan masjid yang begitu luas dengan menyewakan kepada pihak-pihak pedagang dimana keuntungan atas sewa tanah tersebut dipakai untuk biaya pembangunan dan pemeliharaan masjid. Pembangunan gedung yang bisa disewakan kepada pengusaha sehingga hasilnya mampu memberikan sumbangsih biaya pemeliharaan bagi tanah-tanah wakaf yang dikelola secara produktif.

Serta pembangunan hotel dan dan rumah sakit dari tanah wakaf yang bersifat investasi dan memberikan peluang kerja kepada umat agar membantu dalam mengatasi pengangguran dan dan hasil dari investasi tanah wakaf tersebut bisa dialokasikan kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga dapat menanggulangi kemiskinan. Selain itu, wakaf produktif juga berguna dalam pembangunan infrastruktur dalam membantu pembangunan di Indonesia dengan demikian wakaf mampu menjadi pendorong pengembangan perekonomian masyarakat.

https://www.kompasiana.com/imaduddinsmt/59a5181604ca24058b1ab412/wakaf-produktif-potensi-pemberdayaan-ekonomi-umat

***

Penulis: Kartini
Editor: bisot
______________________________________________________
*tulisan merupakan kiriman dari penulis ke email redaksi. Anda dapat berpatisipasi dengan mengirimkan tulisan berupa berita / artikel / opini ke Website WajahBekasi.com. Caranya mudah yaitu dengan cara mengirimnya ke email: redaksiwajahbekasi@ gmail.com 
Tulisan yang sesuai dengan kriteria Website WajahBekasi.com dan visi misi WajahBekasi.com akan diterbitkan.
Cantumkan identitas dan nomor telepon Anda untuk memudahkan WajahBekasi.com mengkonfirmasi berita yang Anda kirimkan.


Tidak ada komentar