Header Ads

Jatiasih Terendam Banjir


WAJAHBEKASI.COM, Jatiasih -- Sejumlah perumahan Kota Bekasi yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor terendam luapan air dari Sungai Cikeas. Antara lain di Perumahan Puri Nusaphala, Mandosi Permai, dan Jatisari di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Meluapnya Sungai Cikeas terdeteksi Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) saat melakukan pemantauan tinggi muka air (TMA) sungai. Dijelaskan Ketua KP2C, Puarman Kahar, hujan semalam (25/4/2019) menyebabkan aliran sungai meluap.

"Semalam hulu Sungai Cikeas itu hujan dengan intensitas tinggi dan durasi panjang, lalu sungai mulai meluapnya hari ini," kata Puarman, Jumat (26/4/2019).

Disamping itu, terdapat tiga perumahan di Kabupaten Bogor yang saling berdekatan dengan perum-perum di Bekasi tersebut yang terdampak, yakni Vila Nusa Indah 3 dan Vila Mahkota Pesona di Bojongkulur, serta Perum Cibubur City di Nagrak.

Rata-rata tinggi luapan air di enam perumahan tersebut sekitar 40 centimeter hingga 130 centimeter. Menurut Puarman, luapan sungai yang terus beranjak naik ke pemukiman itu sendiri diperkirakan akan berhenti sekitar pukul 15.00 WIB.

"Ketinggian Sungai Cikeas hari ini tertinggi selama 12 tahun terakhir, di atas 500 centimeter. Selama ini belum pernah setinggi itu, baru pernah dulu 450 centimeter," terangnya.


Menurut Puarman, untuk perumahan atau pemukiman warga yang berdekatan dengan aliran Cikeas yang lainnya belum berpotensi ikut terendam. Kendati begitu, pihaknya masih melakukan pemantauan.

Dia pun mengatakan, para warga yang terdampak rendaman cukup parah di sejumlah perumahan sudah berhasil dievakuasi. Pihaknya turun tangan membantu proses evakuasi bersama aparat setempat.

Tidak ada komentar