Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    Wayang Si Engkong Meriahkan Milad Wisata Sejarah Bekasi


    WAJAHBEKASI.COM-Bekasi Timur: Perhelatan milad ke-6 grup Wisata Sejarah Bekasi (WSB) yang berlangsung di Bistro Antique Unique, Jalan KH.Agus Salim Bekasi Timur, Sabtu (26/1) beberapa waktu lalu, bertambah semarak dengan hadirnya Ki Ageng Alang-Alang dengan penampilan wayang unik bernama Wayang Si Engkong.

    Menurut Ki Alang-Alang Wayang Si Engkong yang berukuran sekitar 30 cm ini menggunakan media terbuat dari batang dan daun singkong, yang banyak ditanam oleh para Petani wilayah utara khususnya masyarakat Kali Piket Desa Suka Tenang Sukawangi kabupaten Bekasi.

    "Saya hadirkan wayang singkong ini sebagai suatu upaya untuk menghadirkan serta menghidupkan kembali maenan bocah angon dulu yang saat ini sudah mulai dilupakan generasi saat ini,"Ujarnya.

    Ki Alang-Alang yang berprofesi juga sebagai tenaga pengajar di Sekolah Menengah Atas SMA Sabilul Muhtadin Babelan ini menambahkan, "Pada jaman dulu wayang singkong tersebut pernah berjaya di kalangan bocah kampung yang sering maen disawah sambil ngangon kambing, " tuturnya dengan dialek khas Bekasi.

    Penghantar cerita Wayang Si Engkong yang dibawakan Ki ageng Alang-Alang menggunakan percampuran  bahasa Betawi, Sunda dan Jawa yang dipadu dengan iringan musik tradisonal etnik.

    Sementara itu Suwandi warga kampung Pintu Air Medan Satria, yang juga salah satu Photografer senior Bekasi yang hadir pada kegiatan kongko sejarah dan budaya Bekasi yang berlangsung di Bistro Antique unique, ikut mengapresiasi kegiatan yang digelar Wisata Sejarah Bekasi ini

    "Sangat mengapreasi kegiatan tersebut. Setidaknya menambah perbendaharaan dan wawasan tentang sosok pejuang Bekasi dengan kisah heroik yang diceritakan oleh anak dan cucu para pejuang tersebut dan selama ini hanya tahu KH Noer Ali saja, "Ungkapnya.

    "Bicara tentang budaya Bekasi yang mulai tergeser bahkan nyaris hilang  dengan masuknya nilai baru diharapkan peran serta dan kepedulian generasi muda juga tak kalah pentingnya pihak-pihak yang berkopenten untuk menghidupkan kembali budaya  yang hilang tersebut dengan aktif dan sesering mungkin menggelar event seni dan budaya khas Bekasi, " ujarnya kepada WajahBekasi. (mqq)

    Tidak ada komentar