Header Ads

Ketika Hidayah Datang Maka Jemputlah


Ketika Hidayah Datang Maka Jemputlah
Foto: ilustrasi

Ketika Hidayah Datang Maka Jemputlah 

Oleh: Firliyanih Hidayah (Mahasiswi STEI SEBI) 


Apasih menjemput hidayah?


Sebenarnya semua insan telah allah berikan hidayah tetapi yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana insan tersebut mengambil hidayahnya atau tidak.
Banyak pelajaran hidup yang saya miliki disaat saya menjemput hidayah.  Ketika itu saya sudah terlanjur menikmati hidup dunia ini menikmati kefanaan dunia ini dan senantiasi selalu mengikuti hawa nafsu.  Apakah itu benar? 


Tentu saja tidak karena sejatinyai kehidupan abadi yaitu akhirat,  Allah memberikan kehidupan sejatinya hanya untuk beribadah kepadaNya, mendekatkan diri kepadaNya dan tujuan sebenarnya hidup adalah kematian atau akhirat.



Teruslah perbaiki niat, tidak hanya niat tetapi juga harus action untuk mewujudkan niat tersebut, yang harus diyakini adalah saat ingin mendekat kepada allah pasti allah akan mendekatkan diriNya kepada kita lantas untuk apa kita harus menunda hijrah kita?  Kita tidak tahu kapan kematian akan menghampiri jadi perbaiki diri mulai dari sekarang.  



Saat hidayah itu di gapai,  saat allah memberikan hidayahnya kepada setiap insan  prihalalah hidayah itu dan jangan dilepaskan,  jangan sampai allah mencabut hidayah yang telah Allah berikan, teruslah berdoa agar dijaga hidayahnya.



Allah adalah tuhan kita.


Saat kita meninggalkan allah, mementingkan kehidupan dunia, menduakan Allah dan percayalah Allah sangat baik, Allah tidak meninggalkan kita dan allah terus menunggu taubat kita.  Jangan siasiakan waktu yang tersisa ini perbaiki niat dan perbaiki diri. 


Dalam hadits qudsi disebutkan bahwa yang artinya "Jagalah Allah maka Allah akan menjaga mu " saat manusia berusaha untuk memperbaiki diri niscaya allah akan selalu membantunya walaupun suatu saat nanti akan diberi cobaan maka bersabarlah karena dengan diberikannya cobaan Allah tau hambanya mampu melewati itu dan Allah akan menaikan derajatnya.


Lalu apa masalah kita untuk tidak berhijrah saat ini? Padahal Allah tidak pernah meninggalkan hambanya, Allah selalu menjaga dan melindungi hambanya bahkan sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk menggapai hidayah tersebut. 


Allah SWT berfirman:



مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰى ۗ



"Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu," (QS. Ad-Duha 93: Ayat 3).



Dalam ayat tersebut Allah tidak pernah meninggalkan kita sebagai hambanya, apapum dosa yang pernah dilakukan janganlah berputus asa minta ampunlah kepadanya. Saat Allah memberikan masalah Masalah kepada hambanya itulah tanda sayang Allah karena Allah ingin mengampuni dosa-dosa hambanya. Saat Allah memberikan musibah pertanda Allah ingin melihatnya menangis dan Allah akan menyambut hambanya dengan kasih sayangnya. 



Jangan berputus asa dari rahmat Allah dan gapailah rahmat Allah agar mendapatkan kemudahan dalam meraih segalanya. Setidaknya saat belum mampu meningkatkan kesholehan dan belum mampu berlomba dengan orang-orang sholeh untuk meningkatkan kebaikan segeralah berlombalah dengan para pendosa untuk beristighfar dan bertaubat kepada Allah.

Editor: bisot

Tidak ada komentar