Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    BPBD Kabupaten Bekasi Bentuk DESTANA Sukamekar Sukawangi

    BPBD Kabupaten Bekasi Bentuk DESTANA Sukamekar Sukawangi

    Kamis (6/12/2018), bertempat di aula kantor desa Sukamekar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi telah membentuk  sekaligus pembekalan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di desa Sukamekar kec. Sukawangi kab. Bekasi.

    Dengan pembentukan Destana ini diharapkan, desa Sukamekar memiliki kemandirian menghadapi ancaman bencana dan memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang merugikan.

    "Dibentuknya Desatana ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir yang kerap terjadi setiap tahun di desa Sukamekar" ungkap Imron Maulana selaku salah satu pegawai desa yang menjadi peserta pembekalan dan pembentukan Destana Sukamekar.

    Ancaman banjir yang kerap terjadi di Sukamekar diakibatkan hujan yang terus menerus menguyur dan meluapnya kedua sungai yang mengapit desa Sukamekar. Sungai yang mengelilingi desa sukamekar adalah kali Bekasi dan kali CBL ( Cikarang Bekasi Laut ).

    Dalam acara ini turut dihadiri oleh Agus Suparno sebagai kepala seksi BPBD, bpk Andika sebagai koordinator BPBD dan para staf BPBD kabupaten Bekasi serta para calon relawan Destana yang berjumlah 25 orang dan aparatur pemerintah desa Sukamekar. 

    Pada kesempatan tersebut Agus Suparno menjelaskan tentang Pemetaan Daerah Risiko/rawan Bencana, Persiapan Pengurangan Risiko Bencana dan Rencana Penanggulangan bencana (RPB) kepada seluruh hadirin.

    Andika menjelaskan tentang aplikasi inDRA, aplikasi Indra adalah aplikasi untuk memberikan informasi kejadian bencana secara cepat.dan mengetahui jumlah sumber daya manusia, dan peralatan pendukung lainnya di wilayah Kab.Bekasi dalam hal penguatan kelembagaan. [Irvan]



    Tidak ada komentar