Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    Kereen ... Limbah Plastik bisa jadi Bahan bakar

    Wajahbekasi.com , Limbah plastik telah menjadi persoalan serius dalam tataran lingkungan global di mana indonesia menjadi penyumbang terbesar kedua terhadap limbah plastik ini.

    Persoalan yang amat serius ini tentunya tidak bisa di selesaikan oleh pemerintah saja, di perlukan kepedulian, aksi nyata dan kerjasama semua pihak yang berkepentingan terhadap masalah ini baik perusahaan, masyarakat, komunitas pecinta lingkungan maupun pemerintah sendiri sebagai pemegang otoritas kebijakan.

    Dalam kerangka tujuan di atas maka PT. SC Johnson and son Indonesia melakukan program pendampingan pegolahan limbah plastic menjadi bahan bakar minyak yang berlokasi di SDN 02 Pantai Bahagia muaragembong Bekasi.

    Kegiatan ini di awali dengan workshop edukasi dan lokakarya pengolahan limbah plastic dengan komunitas muaragembong, penghijauan lingkungan sekolah dan penyediaan mesin pengolah limbah plastic menjadi bahan bakar minyak yang bisa di gunakan sebagai energy. Dengan demikian program CSR ini menghasilkan manfaat yang berguna buat masyarakat.

    Limbah plastic yang di olah bisa menghasilkan listrik, bisa juga di olah menjadi bahan bakar minyak untuk membantu mengoperasikan kapal-kapal, mengurangi limbah plastic, dan memperbaiki lingkungan hidup.

    Dimas bagus wijanarko dari get plastic kepada media menjelaskan bahwa metode yang dilaksanakan adalah metode destilasi kering mengubah benda padat menjadi cair dan melalui proses memanasi dalam tabung reaktor dengan panas yang tinggi hingga menjadi gas. Dan gas tersebut di dinginkan hingga menjadi cair."jelasnya

    Dari limbah plastic yang di olah dari lebih kurang 1 kilogram plastic bisa di olah menjadi 1 liter bahan bakar minyak." Tambahnya

    Agus Ruhiat, Plant Manager PT scjohnson.afamilycompany mengatakan, Kegiatan CSR di SDN 02 Pantai bahagia, Kecamatan Muaragembong ini disupport oleh Komunitas getplastic yg diharapkan bisa jadi role model sebagai upaya dan langkah bersama untuk menuju terbebasnya Indonesia dari limbah plastik demi lestarinya lingkungan untuk generasi yang akan datang.(DAM)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad