Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    Sambut 1 Suro, Komunitas Budaya Bekasi Gelar Kirab Agung Pusaka Tarumanagara

    Sambut 1 Suro, Komunitas Budaya Bekasi Gelar Kirab Agung Pusaka Tarumanagara

    Padepokan Pusaka Parahyangan Senin 10 September 2018 mengadakan Kirab Agung Pusaka Tarumanagara yang merupakan sebuah tradisi turun temurun yang biasanya dilaksanakan untuk menyambut perayaan hari besar yang sangat penting dan dinantikan seperti halnya pergantian tahun, kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan hari yg mempunyai sejarah penting untuk suatu wilayah atau negara.
    Sambut 1 Suro, Komunitas Budaya Bekasi Gelar Kirab Agung Pusaka Tarumanagara

    Kirab Agung Pusaka Tarumanagara berlangsung di rumah adat Joglo Mutiara Gading City Babelan Kota yang berlangsung dari pukul 19.20 wib sampai dengan selesai, disponsori oleh PT ISPI dan Para Donatur.

    Adapun prosesi acara kirab yaitu dikeluarkannya pusaka-pusaka peninggalan leluhur yang menjadi bukti serta catanan sejarah suatu bangsa dan diarak dari tempat penyimpanan menuju tempat yang mempunyai kekuasaan atau keraton, arak-arakan melibatkan orang-orang yang paham serta mengetahui sejarah-sejarah dari pusaka itu juga dihadiri pencinta serta masyarakat yang peduli dan mengharap berkah dari tatacara yang orang tua kita lakukan.

    Pusaka dicuci dibersihkan dengan cara yang sederhana serta alami dan sebagai simbol pembersihan diri juga menjadi jalan menjaga keutuhan pusaka-pusaka itu yang telah berusia beberapa abad ke belakang.

    Menurut Ketua Panitia Rd. Mardiyan Pranata mengatakan, Pada dasarnya kirab pusakan merupakan Kitab Pitutur Langkah Gawe Lakoning Manusia dalam merawat dan meruwat dirinya yang mana dirinya merupakan pusaka luhur warian dari orang tua dan leluhurnya, juga dengan kirab pusaka diharapkan ikatan talisilaturahmi bisa terjaga meskipun hanya di lakukan setahun sekali atau dua kali.

    Acara kirab pusaka juga merupakan bagian dari cara memperkenalkan warisan budaya bangsa yang berupa tatacara hidup luhur berdasarkan nilai kearifan lokal atau lokal genius yang memiliki arti dari setiap gerakan, nyanyian ataupun tarian.

    "Harapan saya acara Kirab Agung Tarumanagara kita adakan adalah untuk lebih mempelajari cara kearifan lokal dahulu yang mempunyai segudang ilmu keluhuran ada serta dapat mempersatukan persahabatan, guyub rukun dalam kekeluargaan, sehati serasa sebobot dalam kebaikan, maka dari itu semoga jiwa besar kita bisa membantu dalam mejaga keluhuran alam dengan cara melaksanakan tradisi serta dikupas makna dan ilmu nya dalam setiap saat."  Ungkap Mardiyan.

    Acara kirab pusaka Tarumanagara ini selain di hadiri para sepuh kampung turut serta juga para guru guru besar komunitas/ padepokan silat dan budaya Kab/ Kota Bekasi juga dihadiri Muspika Babelan dan Tarumajaya, serta Dinas kebudayaan Kota dan Kabupaten Bekasi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad