Header Ads

Tangisan Yang Paling Berharga

TANGISAN YANG PALING BERHARGA
Oleh: Nabillah Fauziah K.
“Demi dzat yang nyawaku ada di tangan-Nya, saya lebih suka mengangis sampai air mata membasahi wajah saya, daripada bersedekah emas sebesar gunung”(Ka’ab Akhbar r.a)
Tangisan seperti apakah yang bahkan lebih disukai daripada bersedekah emas sebesar gunung?. Kita sebagai umat muslim tentunya harus tahu mengenai hal ini. Sahabat, tangisan yang dimaksud tersebut  tentu bukan tangisan yang biasanya  kita lihat, ketika seorang wanita putus dengan kekasihnya, ketika seseorang kecewa karena di khianati sahabatnya. Itu semua bukanlah tangisan-tangisan yang dimaksud disini. Tangisan yang paling berharga adalah “Tangisan yang disebabkan karena ia takut kepada Alloh swt.”
Rasa takut kepada Alloh adalah hiasan yang paling sempurna dalam islam. Rosululloh SAW. bersabda, “Akar dari kebijaksanaan adalah takut kepada Alloh”. Yazid bin Maisarah rah.a, berkata:”Menangis itu disebabkan oleh tujuh hal, yaitu: 1) gembira; 2) gila; 3) sakit; 4) terkejut; 5) riya; 6) mabuk; 7) takut kepada Alloh swt. dan inilah tangisan yang paling berharga. Setetes air mata yang dikeluarkan karena takut kepada Alloh swt. akan memadamkan lautan api yang sangat luas.”
Bahkan ibnu umar r.a. sering menangis karena takut pada Alloh swt., demikian seringnya menangis, sehingga matanya buta. Selain itu, seorang sahabat anshar duduk termenung sambil menangis setelah sholat tahajud, dia berkata “sungguh saya takut kepada api neraka jahannam yang telah disediakan Alloh.” Rosululloh saw. bersabda,”engkau telah membuat para malaikat menangis”.
Begitu dianjurkannya kita sebagai hamba untuk menangis karena takut kepada Alloh swt. Sampai-sampai seorang Abu Bakar shiddiq  ra. Mengatakan bahwa : ”jika kalian mampu, perbanyaklah menangis. Jika tidak mampu menangis, maka buatlah wajahmu seperti menangis.”
Rosululloh saw. bersabda: “ Ada dua jenis tetesan yang sangat disukai Alloh swt., tetesan air mata karena takut kepada-Nya, dan tetesan darah karena berjuang dijalan-Nya.” Menurut sebuah hadits, ada tujuh golongan manusia yang akan dilindungi dibawah naungan Arasy Ilahi pada hari kiamat. Salah satunya adalah orang yang mengingat Alloh dalam kesunyian, sehingga meneteskan air matanya.
Jika seseorang menangis karena takut akan kepada Alloh swt. walaupun sedikit air mata yang membasahi wajahnya maka akan diselamatkan dari api neraka. Apabilah hati seorang muslim bergetar karena takut kepada Alloh, maka bergugurlah dosa-dosanya seperti daun-daun kering yang berguguran. Inilah perkataan Rosululloh Saw. yang pasti akan kebenarannya.
Masih banyak lagi riwayat yang menjelaskan betapa penting dan bermanfaatnya menangis karena takut kepada Alloh sambil menyesali dosa-dosa dan mengingat kebesaran Alloh swt. Jika kita senantiasa menyibukkan diri dengan melihat kesalahan-kesalahan kita, itu merupakan suatu hal yang bermanfaat. wallohhu ‘alam
Semoga kita senantiasa menjadi seorang muslim yang hatinya bergetar dan menangis karena takut kepada Alloh swt. Aamiin
Referensi : Buku ”Kitab Fadhail A’mal” (penulis :Maulana Muhammad Zakariyya al Kandhalawi).