Header Ads

cara startup bisnis agar tidak salah langkah .

cara startup bisnis agar tidak salah langkah.
Oleh : Dwi sugianto ,Stei Sebi

Wajahbekasi.com  ,  halo kawan enterprenuer muda, saya mau sharing ni bagaimana si cara startup suatu bisinis agar kalian tidak salah melangkah di awal. karna menurut saya awal itu adalah yg menentukan akhir dari sebuah proses. so, hati - hati pas diawal itu wajib, ya tapi jangan sampe takut juga karna terlalu hati - hati. yg penting luruskan niat temen - temen di awal dan sampai akhir.

oke langsung aja, ini dia tipsnya :
hal yg paling pertama adalah temen - temen harus lah cari suatu produk yg akan temen - temen jual. kalo perlu riset pasar dulu, apa yg lagi dibutuhin oleh banyak orang di pasar. setelah dapet produk, temen - temen cari lah guru atau pembimbing. atau itu boleh temen - temen lakukan sebelum temen - temen punya produk. kenapa temen - temen harus punya pembimbing? karena pembing lah yg akan mengingatkan dan memberi tahu ketika temen - temen melenceng dari jalur. dan pastinya juga guru itu mempunyai pengalaman yg temen - temen belum miliki, maka peran dari pembimbing itu sangat penting untuk batu loncatan agar temen - teman capet sukses.
setelah itu temen - temen langsung action, ( di sini temen - temen boleh langsung action tanpa guru, tapi saya sarankan agar temen - temen memiliki guru dulu). tapi ada satu hal yg harus temen - temen ingat, jangan terlalu banyak materi dan takut untuk action. karna dalam bisnis temen - temen tidak akan tahu apa kendala dan rintanganya sebelum action. bahkan guru temen - temen pun tidak tahu hal itu kalo temen - temen tidak action terlebih dahulu. so, begitu dapet materi langsung action jangan tunggu nanti, tardulu, dan alasan kelasik lainnya. bisnis itu sedikit materi banyak action, ( tapi jangan salah kaprah dalam pengartiannya. temen - temen juga gak boleh action tanpa materi, tapi kalo temen - temen jiwa pengusahanya udah tangguh dan pantang menyerah gak papa temen - temen action tanpa materi. karna dengan sendirinya temen - temen akan mendapat pengalaman dan materi setelah action itu).
setelah temen - temen action, perbanyak lah konsultasi pada guru dan pelaku bisnis yg memulai bisnisnya sebelum temen - temen. tanaykan tipsnya mereka agar tetap kuat dan istiqomah.
lalu temen - temen jalanin deh amalan - amalan para pengusaha tangguh agar allah ikut membantu bisnis temen - temen. ( nah untuk amalannya ini akan saya bahas nanti di sesi selanjutnya, biar temen - temen penasaran. heheheheheh). dan temen - temen juga harus pelajari ilmu - ilmu pengusaha, di antaranya ada BEP, BPB, ROI, dan masih banyak yg lain nya.
setelah bisnis temen - temen mulai berjalan, cari lah tempat yg baik untuk temen - temen, ( yaitu tempat yg baik untuk pribadi temen - temen maupun bisnis temen). cari lah komunitas atau lain sebagai nya yg membahas tentang bisnis. agar suatu saat ketika temen - temen jatuh ada yg marangkul dan mambangkit kan temen - temen kembali.
Ada satu hal yang gak kalah penting dari itu semua, apa itu hayo tebak? Ya benar itu adalah restu orang tua, tanpa restu orang tua temen-temen gak akan jadi apa-apa. Sejauh apapun temen-temen melangkah, sekeras apapun temen-temen berusaha. Tanpa adanya restu dari orang tua saya rasa itu akan sia-sia. Karna restu dan doa orang tua itu sangat lah mujarab untuk menuju kesuksesan teman-teman. Mangkanya teman-teman harus buru-buru minta restu sama orang tua temen-temen. Bilangnya begini “mah, pah, aku mau buka usaha/bisnis, aku minta restu dan doa mamah papah supaya semua urusan dan halangan di permudah oleh allah SWT”. Kira-kira kaya gitu tu bilangnya ya teman-teman.
Mungkin itu aja kali ya yang saya sampaikan pada teman-teman, inget jangan terlalu banyak teori, langsung action aja. Terus jaga terus dengan baik niat temen-temen dari awal, jangan nanti pas udah setengah jalan berubah tu niatnya. Tetap semangat ya temen-temen, terus berjuang. (red)