Header Ads

Agar sejarahmu Tak sekedar Cerita

Agar sejarahmu tak sekedar cerita

Oleh:Nailah Najamuddin
(mahasiswa STEI SEBI)

Sejarah memang hanyalah masa lalu,tapi ia adalah masa lalu yang berharga,karena baik buruknya masa lalu dapat menggerakkan masa depan kita, sebagaimana keterkaitan rahasia masa lalu yang dapat mempengaruhi masa depan kita.
  Semua orang bebas dalam mengukir sejarah mereka masing-masing. Ada yang membiarkan sejarahnya menjadi aroma kopi yang dapat diketahui oleh banyak orang,dan ada yang menjadikan sejarahnya seperti ampas kopi yang dibiarkan mengendap di lantai gelas.
  Seringkali masa lalu menjadi tolak ukur penilaian orang-orang terhadap kita. Dan reaksi setiap orang pun berbeda-beda ketika berurusan dengan masa lalu. Ada yang menggunakan masa lalu orang lain sebagai alat penggerak orang tersebut dengan menggenggam rahasianya,seperti yang di lakukan oleh 'Shiraishi Itsumi' dalam novel "Girls in the Dark" karya Akiyoshi Rikako,demi menjadi pemeran utama.
  Ada yang menggunakan Sejarah sebagai alat prediksi. Seorang politikus yang sangat saya kagumi pernah memprediksi suatu masalah yang orang lain tak menduganya, dan tepat saat persiapan penanganan sudah sangat matang,masalah yang diprediksikan itupun muncul. Prediksi dan penanganan yang beliau lakukan adalah hasil dari mempelajari sejarah.
  Kesimpulan singkat yang ingin saya sampaikan:
  Semua orang yang sukses dapat berdiri dengan tegak setelah beberapakali terjatuh di masa lalunya.Pelajari sejarah,tapi jangan sampai kau terpuruk di dalamnya, karena sebuah tujuan dapat memperbaiki masa lalu.

*Impianmu terlalu indah untuk di buang,
Potensimu terlalu berharga untuk di abaikan,
Tindakanmu yang penuh pertimbangan
sangat sulit untuk di jatuhkan,
Keyakinan yang kau teguhkan
sangat sulit untuk di goyahkan,
Setiap kita adalah yang terbaik,
bagaikan jarum jam yang
tak pernah berhenti berputar,
menerjang waktu
yang tak akan beku.
Jangan pernah berhenti tuk berjuang
Kau terlalu hebat untuk diam!