Header Ads

TBM Rumah Warna Menangkan Lomba Menari Cinong Bekasi Babelan

TBM Rumah Warna Menangkan Lomba Menari Cinong Bekasi Babelan

Tanggal 10 Desember 2017 adalah tanggal yang sangat berarti buat TBM Rumah Warna. Karena pada tanggal tersebut kontingen menari dari TBM Rumah Warna memberanikan diri untuk mengikuti lomba menari yang merupakan kompetisi perdana bagi mereka. Di luar dugaan ternyata mereka mendapatkan penghargaan sebagai juara 1 lomba menari kategori A, yaitu lomba menari untuk tingkat SD/MI dalam acara perlombaan mewarnai dan tarian daerah yang diadakan oleh Perguruan Silat Cinong Bekasi.

Acara yang digelar sejak pagi jam 9:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB di halaman Kantor Kepala Desa Babelan Kota Kec. Babelan Kab. Bekasi ini diikuti oleh 13 grup tari dari Kecamatan Babelan, Sukawangi dan Tambun Utara. Lapangan dipenuhi oleh warga dan para pendukung peserta.
 ‎
Miar, salah satu penggiat TBM Rumah Warna sangat gembira mendengar pengumuman bahwa adik-adik binaannnya di TBM Rumah Warna berhasil mengukir prestasi gemilang.

"Tidak sia-sia perjuangan kami dan adik-adik di TBM Rumah Warna untuk selalu giat melakukan latihan secara terus menerus setiap sore selepas pulang sekolah,  tak pernah lelah dan selalu bersemangat", ungkap pemuda yang tinggal di Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi ini.

TBM Rumah Warna Menangkan Lomba Menari Cinong Bekasi Babelan

Dalam lomba menari ini adik-adik TBM Rumah Warna menampilkan tarian kreasi dengan nuansa khas daerah dengan tema dan lagu dari Papua yaitu lagu Yamko Rambe Yamko.
"Dilengkapi dengan dengan kostum kreasi sendiri yang unik dan menggunakan rumbai tali rafia sebagai aksesoris tambahan, mungkin itu yang unik" terang Nur Fitriyani selaku koreografer dan yang mengajarkan gerakan tari kepada adik-adik di TBM Rumah Warna.

Alhamdulillah kami mendapat kan juara 1 untuk kategori tingkat Sekolah Dasar (SD). Sungguh sebuah pengalaman yang sangat berarti buat kami. Bukan cuma hanya memperkenalkan tarian kreasi bertema daerah kepada adik-adik kami, kami juga ingin melatih mental adik-adik untuknberani berkreasi  dan tampil dan juga untuk bersosialisasi kepada masyarakat banyak" ungkap Fitri, salah satu alumni SMAN 1 Cabangbungin Kab. Bekasi yang kini menjadi relawan di TBM Rumah Warna.

Yuni Widiasari selaku wakil ketua pelaksana lomba dan salah satu dari 4 juri tidak heran jika delegasi penari dari TBM Rumah Warna menjadi juara di kategori A.
"Saya tidak heran dengan nilai tertinggi yang berhasil dikumpulkan Tim Rumah Warna, karena dasar penilaian itu mencakup kekompakan, formasi, performance. Mereka menari dengan penuh energi, kombinasi gerakan para penari laki-laki dan perempuan yang kompak juga menjadi nilai tambah tersendiri buat mereka" jelas Yuni yang sehari-hari berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah swasta di wilayah Kota Bekasi.

Perguruan Silat Cinong Bekasi Lomba Menari Mewarnai Babelan

Di lain pihak, menurut Rusli Hadinata selain lomba, panitia juga memberikan acara hiburan berupa aksi silat cilik, tari jaipong, lawak dan yang istimewa yaitu mengenalkan seni ujungan khas Bekasi, spesial dari pelatih ujungan Cinong Bekasi yaitu engkong Mitra, Baba Raman dan Baba Nisin yg merupakan salah satu pemain ujungan di film Singa Karawang Bekasi.

"Alhamdulillah acara lomba mewarnai dan menari tradisional kemarin berjalan sukses, harapan saya semoga pemerintah dapat memberikan dukungan dan bantuan yg lebih baik di acara seni dan budaya, khususnya di acara Cinong Bekasi" ungkap Rusli yang juga aktif dalam kegiatan kepramukaan di Babelan ini.

Dihubungi melalui telepon, Kak Mae selaku ketua pelaksana lomba mengungkapkan syukur dan terima kasih kepada segenap pihak yang telah terlibat mensukseskankegiatan ini. Memberikan wadah kompetisi bagi para peserta yang memiliki bakat dan minat dalam dunia tari dan lukis serta memberi hiburan bagi masyarakat.
"Semua peserta baik lomba mewarnai atau pun menari sudah mengeluarkan kemampuan mereka secara maksimal, menang atau kalah itu sudah biasa dalam perlombaan yang paling penting semua sudah berusaha dengan baik" tutupnya. [bisot]