Header Ads

Ini Sejarah pencak silat Pandawa Lengkong Bekasi

Wajahbekasi. Com  , Sejarah perguruan Berdirinya PPS. PANDAWA LENGKONG di BEKASI  di mulai dari peran seorang Pegawai Perumnas Bekasi Bapak Iwan SJ Irnawan B.A , Beliau belajar dari PPS. Pandawa Lengkong Pusat Tasikmalaya sekitar tahun 90 an. Kemudian beliau mendirikan Cabang di Bekasi dan diresmikan pada 1 Agustus 2001 ketika itu tempat latihan di samping kantor Permunas 1  jembatan nol " 0 " Rawa Lumbu.

Dari awal beliau mengajak rekan kerjan, keluarga dan tetangga di sekiar rumahnya yang berada di jl. Rawa lumbu timur jembatan 12.

Beliau juga sempat mengajak pemuda - pemuda yang sering nongkrong malam hari di pinggir jalan untuk ikut latihan agar waktunya bermanfaat.
Karena sebagian besar murid dan anggota berusia 17 tahun keatas banyak yang pergi merantau dan bekerja sehingga latihan hanya beberapa orang saja dan bisa di katakan sepi terjadi sekitar tahun 2009-2011. Kemudian dintunjuklah Pak Habib ( Alm) untuk memimpin cabang Bekasi. Kemudian tahun 2010 saya bertemu dengan pak Iwan di pusat tasikamalaya ketika acara tradisi dan kebetulan saya juga merantau ke Cileungsi tahun 2010 sehingga saya di sarankan untuk ikut latihan dan membantu menghidupkan kembali Cabang Bekasi .

Di tahun 2011 kami mulai meramaikan lagi Cabang Bekasi secara perlahan agar Pencak Silat Pandawa ini tidak punah dan harus ada regenerasi.
Di tahun 2012 di amanahkan lah Cabang Bekasi kepada Saya dan di tunjuk sebagai Ketua Cabang Bekasi sampai sekarang.

Sejak tahun 2011 sampai sekarang tempat latihan di lapangan SMK SUMBER PERMATA BANGSA JL. Kemuning Raya Cipendawa Lama Bojong Menteng Kec. Rawa Lumbu. Yang kebetulan pemilik Sekolah adalah Bapak Drs. M. Boan, S.PD,  M. Pd. Selaku penasehat Perguruan.

Beriringnya Waktu kami ingin lebih berkembang dan menjalin silaturhmi dengan perguruan silat yang lain yang ada di Bekasi , dan Alhmadulillah bertemu dengan Bang waluya dan kami ikut begabung di Gerakan Moral yang mayoritas anggotanya adalah Paguron pencak silat Tradisional.

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA
(PPS PANDAWA)

P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :

        P       :    huruf pertama dari PAMILI

        A      :    huruf pertama dari ANU

        N      :    huruf pertama dari NUNGTUT

        D      :    huruf pertama dari DI

        A      :    huruf pertama dari ALAJAR

        W    :    huruf pertama dari WALAGRI

         A      :    huruf pertama dari  ATI

Apabila digabung mempunyai arti  :  

"Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati"
yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.

Lebih Lanjut Bang Ponda mengatakan  " Awal menginjakan di tanah Bekasi disekitarnya awalnya  saya penasaran  ingin sekali mengenal perguruan silat betawi yang sudah tersohor akan main pukulnya dan gerakan cepatnya,  ingin sekali sambung paseduluran dan silaturahmi ke perguruan - perguruan silat karena kami ingin menambah saudara. Karena saya merasakan pandawa lengkong bekasi bagaikan katak dalam tempurung yang hanya latihan saja tanpa mengenal saudara pesilat di sekitarnya, mungkin itu salah 1 yang menyebabkan kami semakin menurun jumlah anggota dan minatnya dalam melestarikan silat tradisional.

Dan alhamdulillah kenal dengan beberapa perguruan pencak silat yang ada di sekitar Bojong Menteng seperti Sanggar melati laskar betawi tempat berkumpulnya para pesilat dan budayawan tradisional berkumpul ketika itu GM juga berada di sana.

Saya pribadi sangat senang dan mimpi saya kesampaian berkumpul dan beraktifitas bareng dengan saudara2 pesilat di bekasi raya. Bahkan dulu saya sempat datang ke Senayan untuk ikut latihan bareng dengan Teman2 dari FPSTI ( Forum pelestari silat tradisional indonesia) , Saking senengnya bisa bertemu langsung dengan beliau-beliau yang ikut melestarikan pencak silat tradisional.

Alhamdulillah lebih seneng lagi di Bekasi Sudah ada GM yang benar-benar berjuang melestarikan pencak silat tradisional dan bisa di kenal olah masyarakat luas
Suatu kebanggaan jika melihat anggota perguruan bisa mengamalkan dari pelajaran dan hasil latihan untuk menolong orang lain serta selali bisa menjaga dirinya dengan sehat dan bermanfaat , Dan Pandawa lengkong pun bisa ikut berkembang karena banyak event pencak silat tradisional dari GM.

Masyarakat sekitar paguron juga semakin tertarik untuk ikut latihan pencak silat begitu pula ingin anak-anak mereka juga ikut latihan pencak silat agar mengenal budaya leluhurnya.

Suka duka dalam melestarikan pencak silat tradisional bermacam-macam
Mulai jumlah anggota yang latihan dari banyak kemudian berkurang karena beberapa faktor.  Dan bangganya ada yang masih cinta dan setia berlatih meskipun hanya beberapa orang saja.
Suatu kebanggaan jika melihat anggota perguruan bisa mengamalkan dari pelajaran dan hasil latihan untuk menolong orang lain serta selali bisa menjaga dirinya dengan sehat dan bermanfaat.

Semoga pencak silat tradisional akan selalu ada selamanya dan generasi muda bisa memiliki pencak silat tradisional untuk di wariskan kepada generasi selanjutnya. Serta bisa berkembang dan di kemas  seiring dengan perkembangan jaman. ( moel)