Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    Cahaya Foundation Dan RS Mekarsari Sosialisasikan JKN KS-NIK

    Cahaya Foundation Dan RS Mekarsari Sosialisasikan JKN KS-NIK

    BEKASI UTARA -- Rumah Sakit Mekarsari Bekasi bekerjasama dengan Cahaya Foundation melakukan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK) Kota Bekasi, dan bakti sosial layanan pemeriksaan kesehatan cuma-cuma. 

    "Kita ingin menginformasikan bahwa program JKN adalah program pemerintah pusat, dan program KS-NIK merupakan program Pemerintah Kota Bekasi. Semua program ini tanggung jawab kita bersama sebagai stake holder untuk menyampaikannya," kata Fitri Septividya Sari, selaku humas RS Mekarsari Bekasi, Sabtu (14/10).

    Pada sosialisasi dan bakti sosial dengan tema "Berbagi Cinta Bersama" di RT 001 - 005 RW 07, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi ini, masyarakat berkeluh kesah mengenai layanan JKN dan menanyakan prosedur untuk mendapatkan KS-NIK Kota Bekasi.

    Kepala Divisi Program Kesehatan Cahaya Foundation, Eka Diah Purwanti, menjelaskan mengenai regulasi, pelayanan yang didapat, dan status kartu peserta JKN. Juga menginformasikan mengenai tatacara mendapatkan KS-NIK dari Pemerintah Kota Bekasi.

    Ia menyampaikan, "Apabila pada prakteknya terdapat kendala yang sekiranya masyarakat kurang paham atau agak kesulitan untuk mendapatkannya, maka Relawan Pendamping Cahaya Faundation bersedia memberikan advokasi." 

    Cahaya Foundation Dan RS Mekarsari Sosialisasikan JKN KS-NIK
    "Untuk itu, peran aktif masyarakat untuk mendapatkannya sangat diharapkan karena jaminan kesehatan tersebut merupakan hak setiap warganegara, dan masyarakat Marga Mulya bisa menghubungi Cahaya Foundation bila mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Nanti bapak-bapak dan ibu-ibu akan diarahkan bila mengalami kesulitan, atau bisa diberikan pendampingan," imbuhnya.

    Seluruh masyarakat yang diundang dan hadir dalam sosialisasi tersebut terdiri dari masyarakat setempat dan para Ketua RT hingga Ketua RW sebagai tokoh masyarakat, agar mengetahui tentang layanan JKN dan KS-NIK serta prosedur dan tatacara berobat ke RS Mekarsari Bekasi. 

    "Ini yang diundang semua masyarakat, serta RT dan RW sebagai tokoh masyarakat setempat, mudah-mudahan semua informasi tersampaikan secara efektif. Selain itu kita juga melakukan bakti sosial pengecekan kesehatan secara langsung dan gratis. Kurang lebih sekitar 130-an warga yang hadir dalam sosialisasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis," tutur Sugeng, bagian marketing RS Mekarsari Bekasi.

    Eko Prasetyo, Direktur Eksekutif Cahaya Foundation menyampaikan, inti dari sosialisasi ini agar masyarakat yang belum membuat JKN dan/atau KS-NIK agar segera mendaftar, karena manfaatnya untuk diri sendiri dan keluarga. Diharapkan masyarakat mampu mengetahui informasi mengenai JKN dan/atau KS-NIK, kemudian mengikuti perkembangan informasi terkini tentangnya.

    "Masyarakat tahu tentang JKN dan/atau KS-NIK, dan langsung menyebarkannya langsung kepada lingkungan sekitarnya," harapnya.

    Pak Nanang, yang mewakili direksi RS Mekarsari Bekasi menambahkan, "Kami percayakan kegiatan sosialisasi dan layanan pemeriksaan kesehatan cuma-cuma ini kepada Cahaya Foundation sebagai operator kegiatan di lapangan. Mereka yang paham lah hal-hal teknis di lapangan seperti ini. Dan betul, secara sinergi kita akan mengadakan kegiatan serupa atau program-program lainnya secara rutin setiap bulannya, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi, baik di lapangan, di pihak Cahaya Foundation, maupun di RS Mekarsari Bekasi sendiri."

    Pada kesempatan tersebut, dr. Zaki, bagian promosi RS Mekarsari Bekasi yang turut dalam kegiatan tersebut, memberikan uraian tentang berbagai jenis penyakit yang rentan berkembang di lingkungan masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan memberikan langkah praktis pertolongan pertama untuk mengantisipasinya.

    "Nanti kalau mau berobat ke RS Mekarsari Bekasi, bapak ibu bisa menghubungi pak Sugeng di bagian marketing, atau apabila ada kendala dalam penjaminannya silahkan hubungi Cahaya Foundation," katanya.

    Acara ditutup dengan bakti sosial layanan pemeriksaan kesehatan cuma-cuma bagi masyarakat yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut. (Wiwi CF)








    Tidak ada komentar