Header Ads

Tuntut Perbaikan Layanan BPJS, Buruh Bekasi Ini Jalan Kaki Surabaya - Jakarta

Tuntut Perbaikan Layanan BPJS, Buruh Bekasi Ini Jalan Kaki Surabaya - Jakarta
Ade Kenzo
Aksi longmarch Surabaya menuju Jakarta  yang akan dilakukan oleh seorang buruh dari Bekasi yang juga Direktur Jamkeswatch Bung Ade Kenzo ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yaitu BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) baik itu BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan usia BPJS Kesehatan yang sudah 3 tahun ini, bukan menunjukan pelayanan yang baik tapi justru sebaliknya, banyak permasalahan yang timbul akibat BPJS baik itu untuk buruh ataupun rakyat Indonesia.

Bung Ade Kenzo ini adalah seorang buruh yang sekarang aktif menjadi relawan Jamkeswatch, yang juga sebagai Direktur Advokasi di Jamkeswatch.Ide ini muncul 2 tahun yang lalu melalui NAZARnya.

“Apabila dalam 3 tahun tidak ada perubahan yang lebih baik tehadap Jaminan Kesehatan, saya akan melakukan jalan kaki dari Surabaya ke Jakarta”, ungkap bung Ade. Dan menurut beliau ini momen yang tepat, karena dengan bersamaan kasus alm. bayi Debora yang tidak tertolong nyawanya akibat ditolak oleh RS Mitra Keluarga. Almarhum ditolak karena menggunakan BPJS dan RS Mitra Keluarga bukan provider BPJS.

Adapun permasalahan lainnya yang disebutkan oleh bung Ade diantaranya :
  • Hak Konstitusi pekerja formal saat proses PHK, setelah di-PHK, dan setelah 6 bulan inkrach.
  • Tarif INA CBGs yang banyak dikeluhkan oleh rumah sakit swasta.
  • Banyaknya rumah sakit swasta yang tidak bekerjasama dengan BPJS, tapi tidak diberikan sanksi yang tegas sehingga timbul masalah penolakan terhadap pasien dengan BPJS.
  • Data yang tidak valid terkait dengan peserta PBI, karena banyak sekali rakyat yang benar-benar tidak mampu tidak mendapatkan BPJS PBI.

Harapan bung Ade dengan adanya aksi longmarch ini, mudah-mudahan pemerintah merespon baik dan ada iktikad baik untuk memperbaiki pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional ini. Aksi ini akan dimulai dari alun-alun kota Surabaya pada tanggal 19 September 2017.

Tuntut Perbaikan Layanan BPJS, Buruh Bekasi Ini Jalan Kaki Surabaya - Jakarta


Jalan kaki Surabaya – Jakarta ini direncanakan akan menempuh waktu 36 hari. Adapun kota-kota yang akan melewati adalah: Surabaya – Gresik – Lamongan – Babat – Tuban – Rambang – Pati – Kudus – Demak – Semarang – Kendal – Pekalongan – Pemalang – Tegal – Brebes – Cirebon – Indramayu – Subang – Purwakarta – Karawang – Bekasi – Jakarta.

Tidak ada komentar