Header Ads

Kualitas air PDAM Tirta Patriot Kembali Normal

Wajahbekasi.com, Bekasi – PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi sudah kembali melakukan produksi air bersih, setelah sebelumnya air baku yang dimiliki perusahaan daerah ini tercemar akibat adanya akitifitas pembangunan sodetan kali sungai palanta, yang berada disebelah bendungan nowo (tempat persiapan air untuk ke air baku milik PDAM Tirta Patriot).

Kasubag Humas PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawijaya mengatakan, air baku PDAM Tirta Patriot sudah kembali normal dan dapat dilakukan produksi air bersih. Proses normalisasi ini karena dibukannya pintu bendungan air kalimalang yang berada di sebelah Islamic Center Bekasi.

“Memang tiga minggu lalu air baku kami tercemar, sekarang sudah kembali normal dan bisa dilakukan produksi karena pintu bendungan yang ada di deket pemancingan sebelah Islamic Center dan palanta kami buka,” ungkapnya kepada wajahbekasi.com, Senin (25/9/2017).

Pihak PDAM TP juga mensubsidi air dari PJT II, sebagai penambah air yang di suplai dari kalimalang tersebut.

“Sekarang kalau air yang kami dapat dari kalimalang saja, tidak bisa mencapai 300 liter per-detik,” kata Uci.

Uci menjelaskan, Instalasi Pengelolaan Air (IPA) pada jaringan pipa milik PDAM TP juga dilakukan pembersihan, guna menghilangkan sisa-sisa lumut akibat adanya pemberhentian produksi tiga minggu lalu.

“Tiga minggu pipa kosong, sudah otomatis rentan terjadinya flek-flek pada dinding pipa, sehingga terpaksa kita lakukan pembersihan,” ujarnya.

Meski sudah dilakukannya pembersihan, Uci mengaku, masih melakukan pendataan pelanggan yang belum menerima suplai air bersih.

“Sekarang air kita sudah bersih, tetapi kalau ada yang lapor langsung kita cek dan turun ke lokasi,” pungkasnya.