Header Ads

Kota Bekasi Identifikasi 47 Situs Peninggalan Sejarah Baru

Kota Bekasi

BEKASI – Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih, mengungkapkan informasi temuan 47 benda yang kemungkinan dianggap situs sejarah baru, lokasi peninggalan sejarah tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi.
“Diantaranya ada yang diklaim peninggalan sejarah ketika zaman kerajaan dulu,” ungkap Ahmad Zarkasih, di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Senin 25 September 2017.

Lebih lanjut Ahmad Zarkasih sebagai mana dikutip posbekasi.com menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah benda tersebut betul peninggalan sejarah atau bukan. “Anggapan situs itu muncul berdasarkan cerita dari tokoh masyarakat dan budayawan di Kota Bekasi,” terangnya.

Halnya sebuah batu berukuran sedang di perkampungan yang terdapat di Kecamatan Pondok Melati, dianggap sebagai situs sejarah. “Batu yang berada di pinggir jalan itu disebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Batu itu dijadikan patok pembatas di perkampungan di daerah Pondok Melati,” ucapnya.

Saat ini kata Ahmad Zarkasih, pihaknya baru sekadar mendata benda tersebut dan masih mengumpulkan data-data dan menampung aspirasi masyarakat yang dianggap sebagai situs sejarah.

“Soal kebenarannya, adanya situs bukan berdasarkan cerita tapi harus melewati kajian oleh tim ahli untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut,” katanya.[ISH - posbekasi]