Header Ads

Kong guntur hadir di hut wajah bekasi


Kong Guntur Elmogas lahir di Bekasi pada tanggal 08 maret 1954. Saya penasaran hingga mewawancarai beliau mengapa nama dibelakang nya terdengar nama asing. 

Beliaupun menjawab dengan tawa ciri khasnya, " iya biar keren aja gitu neng biar kaya orang-orang punya nama pena dibelakang nama asli engkong". Elmogas dipilih sebagai nama belakangnya, biar orang lebih mengenal dirinya kong guntur menambahkan "lagian pan nama guntur banyak banget neng maka dari ntu engkong bikin kong Guntur Elmogas, ujarnya.

Peraih rekor muri ini sangat piawai dalam menulis dan pembaca Puisi-Pantun (Situn) yang dia cipyakan. Kong Guntur Elmogas meraih rekor MURI selama kurang lebih 12 jam sebagai pembaca Situn terlama di Indonesia dan seluruh dunia.

Kong Guntur Elmogas, mengatakan dia datang ke HUT Wajah bekasi dirumah pelangi ingin menyatukan sanak saudara agar semakin cinta lagi terhadap kesenian dan kebudayaan betawi khususnya situn yang disebutnya sebagai puisi pantun yang hanya dimiliki oleh orang betawi.

Saya semakin penasaran dengan tokoh yang satu ini, saya tanya kembali apa yang melandasinya hingga mau bersusah payah ikutan rekor muri?

Kong guntur menjawab sangat singkat  "Panggilan jiwa neng. Engkong cuma pingin mengembangkan bahasa dan sastra Melayu betawi, khususnya Bekasi, yang mulai ditinggalkan banyak orang. Engkong mah hanya membuka portal betawi selanjutnya engkong berharap generasi mudalah yang melanjutkan melestarikan budaya bekasi".

milad-3-wajah-bekasi-rumah-pelangi-kong-guntur

Kong guntur juga berpesan kearifan lokal dan kebudayaan harus seimbang seiring berkembangnya pembangunan, jadi harapan Engkong buat Wajah bekasi "Tunjukkan karakteristik Bekasi punya seni dan budaya. Engkong salut banget dah wajah bekasi mao mengangkat kebudayaan betawi ciri khas dari Bekasi".

Dalam sambutannya Kong Guntur membukanya dengan mengajak semua para hadirin berpantun ria. Berikut pantun nasehat pembuka yang dibacakan oleh kong guntur diacara Hut Wajah Bekasi di TBM Rumah Pelangi Bekasi.

Burung kurcica kakinya diikat kawat
Anak angsa nyemplung di kolem
Kalu loe gak cinta membaca bakalan gawat
Ini bangsa bakal tenggelem

Dari pekojan menabuh bedug
Nyabutin linggis dipenamper
Artinya
Biarpun hujan biarpun gluduk
Ini rumah pelangi, wajah bekasi gak boleh bubar.

Hadirnya Kong Guntur menambah meriah Hut Wajah Bekasi, warga setempat pun berdatangan ingin melihat sekaligus menikmati puisi pantun yang dibawakan oleh kong Guntur Elmogas, peraih rekor muri itu.

Kong guntur memang sangat piawai membuat tertawa para hadirin, rumah pelangi semakin ramai dihiasi oleh gelak tawa para hadirin yang hadir menyaksikan Kong Guntur Elmogas tampil.

Kong guntur juga menyanyikan pusi pantunnya yang berjudul indonesia udah merdeka kata siapa ya kata siapa spesial khusus Hut Wajah Bekasi.

Indonesia negeri yang makmur
Mandi dipantai bisa berjemur
Jengkol aja bisa disemur
Rumah pelangi dan Wajah bekasi ya panjang umur


Dalam kesempatan ini Kong guntur mengucapkan terimakasih kepada Wajah bekasi yang telah mengundang dirinya hadir dalam perayaan ke 3 tahunnya. 

Acara ditutup kong guntur dengan menyerahkan buku puisi pantun yang dia ciptakan kepada pembina rumah pelangi Jamaludin SH. Dari Rumah pelangi bekasi juga memberikan simbolis Buku Stop Bulying Karya Suryani. Penulis muda salah satu pembina dari rumah pelangi dan Crew Wajah Bekasi.

Ahmad Suryadi Are Selaku pembina rumah pelangi bekasi dan dewan direksi dari Wajah Bekasi juga mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran Kong Guntur dalam perayaan Hut Wajah Bekasi yang ke 3 tahun. (Suryani)