Header Ads

Dampak Pembangunan Tol Becakayu Terhadap Warga Taman Villa Baru

Foto: JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam http://foto.bisnis.com

Pada tahun 1995 Presiden Soeharto menggagas sebuah Proyek jalan tol penghubung antara Bekasi dan Jakarta. Namun, Proyek jalan tol ini mangkrak ditengah jalan.

Selama  22 tahun belum ada pemerintah yang mampu menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut. Baru sekarang di Era Pemerintahan Jokowi-JK saat ini pembangunan jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) bisa terlaksana.

Rencana pembangunan jalan tol tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan di jalur Bekasi-Jakarta. Dengan berbagai upaya percepatan yang dilakukan pemerintah saat ini, pemerintah berharap akhir tahun 2017 ini pembangunan telah selesai.

Dikabarkan Pemkot Bekasi  menyediakan lahan di sisi selatan kalimalang untuk pembuatan tiang pancang. Proyek non tol ini melibatkan Perumahan Taman Villa Baru untuk Pembebasan Tanah milik warga.

Sebagian Komplek taman villa baru akan terkena gusuran untuk pembuatan jalan arteri dan non tol ini. Banyak warga Taman Villa Baru yang terkejut dengan berita ini.
"Semua Blok A termasuk rumah Pak RT yang menghadap Kali Malang akan terkena dampak penggusuran, memang tidak semua kena" ujar Bismo yang menjadi penghuni di Taman villa baru.

Sebelumnya pada tanggal 14 Desember 2016 sudah diadakan sosialisasi Tol Becakayu di kelurahan Pekayon Jaya kepada warga Taman Villa Baru. Petugas dari BPN Bekasi juga sudah mengukur lahan yang akan terkena tol Becakayu dan jalan arteri Bekasi-Jakarta. Lahan yang akan diukur kira-kira yang  menghadap jalan kalimalang.
"Jadi yang rumahnya menghadap Kali Malang, siap-siap untuk pindah rumah ya. Demikian hasil rapat di kelurahan pekayon, yang dihadiri oleh perwakilan warga Taman Villa baru" ujar Devie selaku Sekretaris RT di Taman Villa Baru Bekasi.

Ditambahkan rencana rumah depan kalimalang akan diukur. Jika pembangunan merugikan akan diganti uang kompensasinya dan dibeli tanahnya oleh negara. Kalau tidak mau menerima uang ganti rugi, uang tersebut akan dititipkan di pengadilan.

Diperkirakan Mall MM juga terkena dampak dari pembangunan Tol Becakayu ini, untuk Mall MM yg kena adalah area parkirnya. Masih belum terbayangkan Depan rumah yang biasanya kalimalang nanti diatas akan menjadi jalan tol dan untuk yang dibawah akan menjadi arteri. (Suryani)