Header Ads

70 sekolah negeri dan swasta akan ikuti akreditasi

70 Sekolah Negeri dan Swasta di Kota Bekasi Akan Ikuti Akreditasi 2017

Wajahbekasi. com, Bekasi – Dinas Pendidikan Kota Bekasi melakukan pembekalan akreditasi kepada 70 sekolah SD, SMP negeri dan swasta di Kota Bekasi.

Pembekalan ini bertujuan untuk memenuhi delapan komponen standart akreditasi, yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Pembekalan ini dilakukan agar sekolah menyiapkan komponen-komponen delapan standart, yaitu standart proses, isi, kelulusan, sarana prasarana, penilaian, pembiayaan dan tenaga pendidikan,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Krisman Irwandi kepada wajahbekasi. com, di Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kamis (7/9/2017).

Delapan komponen standart tersebut wajib di lengkapi oleh setiap sekolah negeri dan swasta yang akan mengikuti penilian akreditasi ini.
Menurut Krisman, untuk standar tenaga pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), wajib memiliki kulaifikasi minimal strata satu, sesuai dengan bidang pengajarannya di sekolah.

“Misalnya, kalau dia itu guru Matematika, yang lulusannya juga harus sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, tidak bisa di luar selain itu dan itu wajib. Sementara kalau untuk pengajar Sekolah Dasar (SD) kualifikasinya minimal strata satu lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),” ujarnya.

Dia menjelaskan, penilaian akreditasi ini akan dilakukan pada tanggal 12 September 2017, oleh asesor dari Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat.

“Nanti asesor yang menentukan, apakah sekolah ini layak mendaptkan akreditasi atau tidak? Misalnya nilainya C, maka sekolah tersebut tidak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN), dan harus mengulang kembali akreditasi pada tahun selanjutnya,” pungkas Krisman.

Krisman menambahkan, untuk Kota Bekasi sudah 98 persen sekolah memiliki akreditasi A. Sedangkan dua persennya adalah sekolah-sekolah yang baru di bangun oleh Pemerintah Kota Bekasi.

“Alhamdulillah kalau untuk Kota Bekasi sih sekarang ini tinggal memperpanjang akreditasi saja karena sekolahan di kita ini semuanya sudah 98 persen memiliki akreditasi A dan dua persennya itu adalah sekolah-sekolah yang baru di bangun dan syarat untuk mengikuti akreditasi bagi yang baru itu harus meluluskan siswanya dulu,,” katanya.

Meski sudah memiliki akreditasi A, namun kata Krisman itu tidak akan merubah akreditasi yang sudah dimiliki oleh sekolah. Hanya saja akan ada penuruan nilai, jika delapan komponen standart tersebut tidak terpenuhi.

Krisman berharap, akreditasi ini dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Kota Bekasi, meski hampir seluruhnya sekolah negeri dan swasta di Kota Bekasi sudah memiliki akreditasi A.

“Ya saya selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar berharap, seluruh sekolah di kota bekasi ini wajib mengikuti akreditasi, meski dalam data yang kita dapat itu sudah 98 persen sekolah di kota bekasi ini sudah terakreditasi A,” tutupnya.

Sekedar diketahui, akreditasi ini berlaku selama lima tahun sekali. Namun penilaiannya pun dilakukan setiap satu tahunan karena keberadaan sekolah negeri dan swasta di Kota Bekasi yang berjumlah mencapai sebanyak 683 sekolah yang tergabung antara swasta dan negeri.(red)