Header Ads

TBM Rumah Warna Bekasi Di Penombo Pantai Harapan Jaya Muaragembong Resmi Dibuka

Minggu, 27 Agustus 2017 Rumah Warna Bekasi menggelar acara launching pembukaan TBM (Taman bacaan masyarakat) Rumah Warna Bekasi di kp. Penombo Rt. 001/Rw. 006 Desa Pantai Harapan Jaya Kec. Muaragembong.

rumah-warna-bekasi

Acara dimulai dari pagi hari hingga malam. Anak-anak binaan Rumah Warna mengadakan pawai keliling desa, menggunakan baju adat budaya betawi dan bersepeda hias. Mereka nampak bergembira menyambut dibukanya Rumah Warna sebagai wadah untuk mereka belajar dan bermain, tumbuh dan berkembang.

Dalam sambutannya Bapak Soleh Kasum selaku Sekdes Pantai Harapan Jaya mengungkapkan kebahagiaannya dengan digagasnya pembuatan Rumah Warna oleh warganya, yaitu Nana dan kawan-kawan. "Hadirnya Rumah Warna membuat saya bangga, kegiatan seperti ini pantas untuk kita apresiasi demi kemajuan desa kita".

Dilanjut dengan sambutan dari Jamaludin SH. Pembina dari rumah pelangi bekasi. "Sudah saatnya Bekasi bagian utara bangkit, kita bisa memerangi kemiskinan dan kebodohan dengan semangat literasi", jelasnya.

TBM-Rumah-Warna-Muaragembong-Bekasi

Bapak Ulis Enang selaku pembina Rumah warna mengatakan "Di Penombo sudah ada beberapa sekolah yang letaknya lumayan jauh, jika warga ingin melanjutkan sekolah mereka harus keluar dari kampungnya dan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Kebanyakan mereka bersekolah di wilayah Babelan Bekasi".

Ahmad Suryadi Are atau yang biasa dipanggil Kong Are selaku pembina Rumah Pelangi juga terus membimbing Nana dan kawan-kawan untuk dapat membuat pergerakan yang sama di wilayahnya. Are yang pernah menjadi guru merasa sangat sedih. "Wilayah ini sangat potensial untuk sebuah taman bacaan. Adik-adik dapat membaca bermacam buku dan memperluas wawasan di sini".

Acara Launching Rumah Warna disambut antusias oleh masyarakat sekitar, mereka senang anak-anak mereka bisa bermain juga belajar di tempat yang tepat dan terarah, ungkap warga setempat.

TBM-Rumah-Warna-Bekasi-1

Acara tersebut diisi dengan musikalisasi puisi, pertunjukkan musik, pertunjukan seni dan budaya. Dihadiri banyak tamu undangan dari berbagai kalangan. Meskipun tempat yang dijadikan Rumah Warna hanya dibuat dalam hitungan hari, dan persiapan launching hanya seminggu tapi acara launcing kemarin sangat luar biasa dan menakjubkan.

Dengan adanya pentas tari yang dilatih hanya tiga hari dan pencak silat yang koreografinya dilatih hanya semalam. Penampilan yang ditunjukkan anak-anak sangat luar biasa sampai membuat para pengurus yang ikut melatih jadi terharu.

Nana Praja selaku penggagas Rumah Warna juga tidak pernah menyangka bahwa anak-anak bisa menampilkan pentas seni yang serba dadakan tersebut, "panggung alam ini kami hias mengandalkan kreativitas fari bahan-bahan alami, mulai dari daun pisang, buah petai yang  digantung sampai pisang yg digantung pun dari hasil alam disekitar Rumah Warna" tutup Nana.

TBM-Rumah-Warna-Muaragembong-Bekasi-2

Ia berharap dengan sedirinya TBM Rumah Warna akan banyak manfaat bagi warga masyarakat sekitar dan dapat pula berfungsi sebagai pusat kegiatan dan pengembangan masyarakat nantinya. [Suryani]