Header Ads

Rahmat Malik " tugu asem harus jadi Ikon Bekasi"

BEKASI - wajahbekasi. Com: Kampung Ciketing, Mustika Jaya Kota Bekasi yang dikenal dengan daerah Asem, dua tahun sudah memiliki tugu ikonik khas daerahnya. Namanya Tugu Asem Jaya.

 
Bukan hanya milik warga Mustika Jaya saja, Tugu Asem Jaya juga menambah tugu milik warga Kota Bekasi seperti di Tugu Perjuangan Warga Bekasi lainnya di Kampung Tugu, Bekasi Timur, Jalan Kh Agus Salim ungkap deni jiung .

 

Berada di perempatan jalan Rawa Mulya, di puncak Tugu Asem terdapat buah asem raksasa dengan pondasinya berasal dari batang pohon asem asli. Sebelum menjadi tugu, perempatan Asem berdiri pohon asem raksasa yang karena berusia tua diganti menjadi tugu.

 

Tugu Asem Jaya ini baru saja diremikan, Ahad, (31/7) oleh Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu didampingi unsur muspika, dan tokoh masyarakat kampung Ciketing.

 

"Asem sudah dikenal di masyarakat Bekasi. Bahkan komunitas pelestari budaya dan sejarah . Ini menjadi identitas kampung dan tugu ikon di Kota Bekasi," kata Rahmat malik .

 

Daerah asem juga kental dengan adat istiadat Betawi sehingga persemian tugu Asem Jaya ini sekaligus digelarnya kegiatan Festival Asem Jaya 2016. Festival juga diisi dengan pertunjukan budaya Betawi dari seni tari hingga pencak silat yang dimainkan puluhan sanggar seni di Mustika Jaya.

 

"Kita ingin Festival Asem Jaya sesuai harapan masyarakat agar bisa digelar setiap tahun dan menjadi agenda rutin bagi warga dan Kota Bekasi pada umumnya. Saya juga berharap Disporbudpar bisa membantu pelaksanaan kedepan agar budaya Bekasi tetap lestari dan dikenal generasi muda," tutup Rahmat Malik pemerhati budaya bekasi yg saat ini sedang di dukung menjadi calon ketua IPSI kota Bekasi. ( red)