Header Ads

Mahfudz "Lebaran Betawi harus terus di laksanakan "

Pondok melati - wajahbekasi.com komunitas orang Bekasi (koasi),  DPD PKS bidang seni budaya dan puluhan komunitas Betawi bekasi menggelar Lebaran Betawi pada 5 -agustus 2017. Event kedua Tahun ini, acara itu digelar di hakaman yayasan fisabililah pondok melati ,pondok gede yang nantinya akan di jadikan Perkampungan Budaya Betawi (PPB) . 

Lebaran Betawi menampilkan beragam kesenian khas Betawi, seperti tanjidor dan ondel-ondel bergoyang, gambang kromong, tarian, silat, rebana biang, lenong, gambus, orkes melayu, lomba pantun, hingga layar tancap. 

Selain itu, Lebaran Betawi juga semakin meriah dengan acara dialog budaya yang di isi oleh para sejarawan dan budayawan seperti kong ridwan saidi, Anggota DPR RI Mahfudz abdurahman dan endra kusnawan. 

Ketua pelaksana lebaran Betawi M yusup mengatakan, Lebaran Betawi yang ke -2 ini membawa pesan rasa syukur. 

"Lebaran Betawi kali ini kami maksudkan dalam rangka rasa syukur orang Betawi terhadap beberapa hal," ujar yusup, Sabtu (5/8/2017). 

Di sela - sela acara RESES turut hadir pula Mahfudz Abdurahman,beliau  mengatakan, warga Betawi harus bersyukur karena Pemerintah kota bekasi ikut hadir dalam acara ini yangbdi hadiri oleh wakil walikota bekasi baoak ahmad syaikhu. 

Saya berharap dan mendesak agar dprd dan pemkot bekasi secepatnya membuat payung hukum dan undang - undang yang mengatur tentang budaya bekasi, Dengan adanya peraturan-peraturan tersebut, masyarakat Betawi bekasi dan budayanya secara hukum telah diakui menjadi tuan rumah di daerah nya sendiri dan nasional. 

Gagasan tentang pondok melati dipilih sebagai lokasi Lebaran Betawi karena mencerminkan kelestarian budaya Betawi. Selain itu, tempat tersebut dipilih atas usulan seluruh element masyarakat. 

Lebih lanjut Mahfudz mengatakan, Acara Lebaran Betawi merupakan "Kearifan Lokal" di tengah mewabah nya Serba impor,  jadi janganlah semuanya berakhir dengan hal yang berbau impor terutama budaya,  coba bayangkan kalau semua serba impor seperti beras, garam dan lain-lain nanti akan seperti apa bangsa ini  
Menurut mahfudz salah satu cara mengembangkan potensi budaya bekasi adalah dengan sering menggelar Lebaran Betawi dan event - event budaya . Tadi anda sudah mendengar bahwa semua sepakat antara pemerintah kita bekasi dan masyarakat akan terus mencoba menggelar acara -acara budaya .

Pada tahun-tahun sebelumnya, Lebaran Betawi selalu digelar di lokasi yang berbeda nah nantinya atau di tau depan akan kita pusatkan di suatu tempat. (red)