Header Ads

Ini Pesan Bang Jamaludin SH Kepada Generasi Muda Bekasi

Ini Pesan Bang Jamaludin SH Kepada Generasi Muda Bekasi
Jamaludin SH, tokoh pemuda dan aktivis pendidikan Bekasi
Yayasan Nurul Yaqin Desa Sukatenang Kecamatan Sukawangi pada hari Jumat 21 Juli 2017 telah melaksanakan Kemah MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) di Lapangan TBM Rumah Pelangi Bekasi Sukawangi

Dalam kesempatan kemah MPLS bersebut Bang Jamaludin S.H. selaku pembina TBM Rumah Pelangi Bekasi mengaku senang dapat mengisi materi sesi motivasi setelah acara api unggun.
"Saya senang bisa berkenalan dengan adik pramuka dan melihat langsung wajah-wajah bersemangat muda para generasi penerus bangsa ini" ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Jamaludin yang kerap mengikuti kegiatan-kegiatan kepemudaan ini menyampaikan 3 karakter penting yang sudah seharusnya dimiliki para generasi  muda agar siap menerima tanggung jawab dari generasi sebelumnya.

3 karakter itu diuraikan panjang lebar dalam materi motivasi malam api unggun kepada seluruh peserta kemah MPLS Orientasi siswa baru. 3 karakter itu adalah, pertama tentang percaya diri, hal ini sangat penting ditanamkan dalam kepramukaan ataupun dalam proses pendidikan formal dan non-formal. "Karena dengan rasa percaya diri seseorang tidak takut mencoba berbuat  hal-hal baru yang positif, di samping itu percaya diri juga sering menjadi masalah dalam SDM kita", jelas konsultan hukum yang sehari-hari berpraktek di Jakarta ini.

Hal yang kedua adalah unsur keberanian. Tentu sangat penting rasa percaya diri didampingi dengan keberanian yang cukup, karena untuk melakukan sesuatu diperlukan keberanian. Jika karakter berani tertanam dalam jiwa para pemuda ini tentunya banyak hal yang dapat dicoba untuk menambah nilai pengalaman mereka.

Yang ketiga atau yang  terakhir adalah faktor kemampuan.
"Kemampuan ini penting sebagai tolak ukur dari rasa percaya diri dan keberanian tersebut, jadi kemampuan adalah pembuktian bahwa seseorang mempunyai rasa percaya diri dan keberanian" tutup aktivis pendidikan dan kepemudaan kelahiran Sukamekar Sukawangi Bekasi ini.

Menurut Jamaludin minimal ketiga karakter itulah yang harus ditanamkan dalam setiap diri peserta kemah MPLS malam ini untuk menerjemahkan Dasadarma Pramuka.