Header Ads

Jamal "pendidikan bukan hanya tugas sekolah"

Jamaludin SH
Sukawangi - Wajah Bekasi,  Hari anak Nasional menjadi perhatian khusus Jamaludin, SH selaku tokoh muda Kabupaten Bekasi. Saat ditemui di ruang kerjanya Bang Jamal pun berkomentar "Perhatian terhadap anak dari segala aspek perlu ditingkatkan, mengingat anak usia 0-17 tahun mempunyai problema yang cukup kompleks, salah satunya perkembangan karakter positif terhadap ancaman yang ada".

"Dengan proses pendidikan yang saat ini berjalan seyogyanya pendampingan anak sudah berada pada jalan yang benar. Namun perlu juga disikapi perhatian berlapis dari penyelenggara pendidikan yang ada terutama di wilayah Kabupaten Bekasi bagian utara".

Lebih lanjut Bang Jamal mengatakan, permasalahan yang akhir-akhir ini terjadi seperti kasus bullying, kekerasan dalam lingkungan pendidikan, narkoba, tawuran pelajar bisa saja dihindari terjadi di wilayah kabupaten Bekasi khususnya bagian utara.
"Sebagai langkah upaya pencegahan perlu kiranya ditingkatkan perananan penyelenggara pendidikan bukan hanya pada sektor formal saja, namun juga dari sektor informal. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional perlu dihadirkan solusi alternatif, salah satu solusi diantaranya dengan mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang dibentuk secara swadaya oleh masyarakat, hal itu juga merupakan bukti perhatian kita menyadari bahwa pendidikan anak bukan hanya tugas pemerintah, namun juga sebagi tugas bersama." ungkapnya panjang lebar mengenai solusi praktis berbagai problema kepemudaan saat ini.

"Dengan hadirnya wadah ekspresi seperti TBM, sanggar dan sejenisnya itu maka diharapkan dapat memberikan pencerahan di luar pengetahuan umum yang diberikan melalui kurikulum sekolah". 

Agar anak sejak dini terbiasa dengan budaya membaca dan menulis, gerakkan massif  literasi perlu ditingkatkan, agar tercipta anak yang mempunyai wawasan yang baik terhadap skala lokal dan nasional, dengan karakter yang baik berbasis kearifan lokal diharapkan bisa mencegah dari pengaruh buruk seperti pergaulan bebas dan narkoba yang marak saat ini. (red)