Header Ads

Tradisi MUNGGAH PUASA di Bekasi

Tambun Selatan - wajah Bekasi,  berikut penjelasan tentang tradisi Munggah puasa yang di lakukan warga betawi bekasi,  di laparkan oleh nur afendi salah seorang pemerhati dan penggiat budaya bekasi.

MUNGGAH bisa di artikan juga kata AKAN atau MENJELANG.MUNGGAH PUASA berarti MENJELANG PUASA atau bisa di artikan MENYAMBUT BULAN PUASA atau menyambut datangnya bulan Rhamdhan.

satu hari menjelang Rhamdhan dalam masyarakat asli Betawi di bekasi di sebut munggah. Munggah adalah tradisi sederhana yg bernuansa islami, berlangsung secara turun temurun sejak dulu hingga kini.

pada hari itu satu hari sebelum masuk bulan Rhamdhan,Nampak suasana Rumah rumah di lingkungan penduduk asli betawi di bekasi agak sedikit berbeda.terlihat ada peningkatan aktifitas khususnya di dapur.Karna hari itu masing masing penduduk mengolah makananan yg agak sedikit istimewa dari biasanya.bukan untuk di makan sendiri,namun untuk di kirimkan lagi atau di bagikan kepada orang tua, saudara atau kerabat yang lebih tua.

Pada hari itu juga banyak kita jumpai anak anak, orang tua, lalu lalang di jalan membawa Rantang berisi makananan yang akan di antarkan ke keluarga mereka masing masing yang lebih tua. Baik yang jauh maupun dekat.Nampak juga pada hari itu di area pemakaman lebih ramai dari biasanya karna banyak orang yg berziarah ke makam klrga mereka.

Didalam tradisi munggah  banyak sekali hikmah yang terkandung di dalam nya.pantas saja orang orang tua masyrakat Betawi terdahulu  mengajarkan hal itu,Dan secara turun temurun tradisi itu tetap di lestarikan dan di pertahankan oleh generasi berikut nya sampai saat ini.sebuah tradisi yang sederhana namun sarat akan makna.

Adapun beberapa contoh pesan pesan moral atau hikmah yang terkandung dari tradisi munggah di antaranya sbb:
-Mempererat Tali silaturahmi antara  
orang tua kerabat & saudara.
-menunjukan penghormatan terhadap
keluarga yang lebih tua
-membiasakan diri untuk berbagi
terutama  kepada orang tua,kepada
sanak saudara.baik keadaan
lapang maupun susah
-ikut menyemarakan dan menyambut
gembira akan datang nya bulan
Rhamadhan.yang mana dalam ajaran
islam barang siapa yang menyambut
gembira  akan datang nya bulan
Rhamadhan maka ia mendapat pahala.

Demikian sekelumit tentang tradisi munggah puasa yang masih dapat kita temui dan masih berjalan di lingkungan masyarakat Betawi khususnya di kab Bekasi. ( nur afendi)