Header Ads

Tolak Penggunaan Gedung Juang Sebagai Lokasi Syuting, Warga Budaya Se-Bekasi Raya Protes

Warga Penggiat Sejarah dan Budaya se-Bekasi Raya memprotes keras dan menolak rencana kegiatan sebuah Production House (PH) yang rencananya menjadikan Gedong Juang 45 Tambun Bekasi sebagai lokasi syuting. Dari foto surat permohonan izin pinjam pakai kepada Kepala Dinas budaya Dan Olah Raga Kabupaten Bekasi yang beredar di media sosial Facebok, diketahui bahwa judul film yang akan dibuat adalah "Keluarga Tak Kasat Mata" yang akan rencananya akan dimulai pada Kamis 18 Mei sampai dengan Sabtu 3 Juni 2017.

Tolak Penggunaan Gedung Juang Sebagai Lokasi Syuting, Warga Budaya Se-Bekasi Raya Protes
Bangunan bedeng di Gedung Juang Tambun sebelum dibongkar
Endra Kusnawan, seorang netizen penggiat Grup Wisata Sejarah Bekasi mengajak seluruh penggiat sejarah dan budaya Bekasi untuk menolak rencana  syuting film ini. Melalui statusnya ia menulis,
"Ada izin atau kagak ada izin. Menolak segala bentuk perusakan dan menjadikan Gedung Juang sebagai syuting film yg bisa merusak citra gedung yg sedang dibangun oleh Komunitas Sejarah dan Budaya se Bekasi".

Dari status Facebook pada Grup Wisata Sejarah Bekasi, alasan penolakan penggunaan Gedung Juang 45 Tambun sebagai lokasi syuting adalah sebagai berikut:
  1. Mereka menggunakan lokasi Benda Cagar Budaya yang dilindungi UU. Jangankan mengganti cat, mengelupas kulit cat yang terkelupas saja sudah pelanggaran.
  2. Memberikan PELAJARAN BAGI yang memberikan izin. Ini hak PEMDA c.q Bupati dalam soal perizinan. Bukan hak siapapun kecuali Bupati dan seterusnya.
  3. Praktek "make" (menggunakan-red) gedung untuk keperluan swasta yang memang hanya berorientasi keuntungan semata. Gak ada nilai idealisme apabpun.
  4. Kalau melidik judulnya KELUARGA TAK KASAT MATA. Siapapun bisa menebak bahwa ini film HOROR. Genre film seperti ini memang sangat hobi "Make" bangunan semodel GEDUNG JUANG. DAN, BILA filmnya sudah jadi maka kesan seram, angker dan Horor lebih kuat terbenam dalam memori. Padahal kita ingin eksplorasi Budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan dari Gedung Djuang.

Tolak Penggunaan Gedung Juang Sebagai Lokasi Syuting, Warga Budaya Se-Bekasi Raya Protes
Pembongkaran bedeng dalam Gedung Juang Tambun
Saat berita ini diturunkan bangunan sementara berupa bedeng dari papan sudah dibongkar kembali oleh pihak PH setelah sebelumnya mendapat teguran dari beberapa penggiat budaya dan sejarah Bekasi yang hingga malam ini terus berdatangan dari berbagai wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.