Header Ads

Demo PT CL Tertunda, Warga Babelan Harap Camat Hadir Saat Mediasi

Demo PT CL Tertunda, Warga Babelan Harap Camat Hadir Saat Mediasi
Warga Babelan Unjuk Rasa di PT Cikarang Listrindo
Rencana unjuk rasa dan aksi solidaritas warga beberapa desa di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi terhadap PT Cikarang Listrindo (CL) pada hari Jumat (5/5/2017) tertunda lantaran pihak Polres Metro Bekasi Kabupaten belum dapat memberikan izin secara resmi soal rencana aksi besar-besaran itu.

“Pihak polres menjelaskan kepada kami bahwa surat pemberitahuan aksi unjuk rasa yang diberikan pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2017, seharusnya ditembuskan 3 hari sebelum hari H. Jadi acuannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum,” terang salah satu kordinator aksi, Suhermin (40) pada Sabtu (6/5/2017).

Selain itu, menurut Suhermin, pihak Polres Metro Bekasi Kabupaten juga menawarkan kepada warga untuk melakukan mediasi dengan PT CL.

“Pihak polres akan mempertemukan warga dan pihak PT Cl dalam perundingan yang akan dilakukan pada hari Senin (8/5/2017) pukul 10.00 pagi, di Gedung PGRI Kecamatan Babelan" ungkap tokoh pemuda Kecamatan Babelan.

“Sebenarnya masyarakat udah gak percaya dengan proses mediasi, dan masyarakat juga udah terlalu jengkel dengan pihak perusahaan. Jadi, berhubung pihak polres dan Polsek Babelan meminta kepada masyarakat untuk mengedepankan mediasi, hasil dari kesepakatan bersama terpaksa kita tunggu sampai hari Senin,” ujarnya lagi.

Ditambahkannya, masyarakat juga berharap apa yang sudah diagendakan oleh pihak kepolisian dapat menghadirkan Camat Babelan, Kepala Desa Muara Bakti, Kepala Desa Buni Bakti, Kepala Desa Kedung Pengawas, Kepala Desa Babelan Kota, Kepala Kelurahan Kebalen, dan orang nomor satu yang mempunyai kewenangan di PT CL.

“Jika dalam pertemuan nanti tidak juga ada hasilnya, masyarakat bersama-sama akan tetap mengadakan aksi demo besar-besaran,” tegasnya. (HZK/LP)