Header Ads

Hari Jadi Kota Bekasi Ust.Mahfudz
  • Terbaru

    Kampung Wisata Sukamekar Siap Menjadi Wisata Alternatif Di Bekasi

    Sukawangi - Wajah Bekasi "Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman." Sepenggal bait lagu dari band legendaris Koes Plus berjudul Kolam Susu, yang nge-hits tahun 1970-an tersebut terasa enak didengar dan mudah dihapal, namun memiliki makna yang dalam. Satu kalimat sederhana yang memberi gambaran begitu kaya, subur, dan indahnya alam negeri ini.  Sukamekar Sebuah Desa terletak di Kecamatan Sukawangi,  ini menawarkan keanekaragaman kekayaan dan keindahan alam, budaya, tradisi .

    Muhaidin Darma salah seorang pemuda desa Sukamekar mengatakan, ada sembilan tempat bagus di sukamekar yang bisa di jadikan tempat wisata desa, terbagi ke dalam tiga segmen yang dikembangkan. Cultural atau budaya sebanyak 60 persen, nature atau alam sekitar 35 persen, dan manmade atau buatan manusia 5 persen.

    “Dari culture yang 60 persen itu, 20 persen wisata warisan budaya dan sejarah. Lalu 45 persen wisata kuliner, dan sisanya 35 persen wisata  desa,” katanya.

    Belum lagi keramahtamahan yang dikenal masyarakat Sukamekar yang agamis dan berkarakter , membuat Desa Sukamekar berjuluk  "kampung perawan desa" yang memiliki begitu banyak keistimewaan yang tidak dimiliki desa lain dan bisa dinikmati oleh masyarakat Bekasi dan sekitarnya .
    Ketika di tanya apa Potensi Wisata di Desa Sukamekar, Muhaidin manambahkan potensi wisata yang berlimpah di Sukamekar baik dari alam,  kultur, dan kulinernya  harus bisa jadi komoditas wisata alternatif. 
    "Dari pada wisata ke daerah lain lebih baik kita wisata di daerah sendiri". tegas Muhaidin.

    Karena menyadari sektor ini memiliki multiplier effect alias dampak berganda yang positif. Tidak hanya menyumbang devisa bagi desa, tapi juga banyak menyerap tenaga kerja di banding sektor lain, tutup Muhaidin Dharma selaku penggiat di Rumah Pelangi Bekasi. (Tahmid)

    sukamekar wisata alternatif di Bekasi
    Desa Sukamekar wisata alternatif di Bekasi

    1 komentar:

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad