Header Ads

Disparbud Jabar Gelar Festival Pantun Melayu Betawi

Disparbud Jabar Gelar Festival Pantun Melayu Betawi

Bekasi Selatan - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan menyelenggarakan lomba pantun pada 20 Mei 2017 mendatang. 

Esha, perwakilan pelaksana acara, mengatakan acara ini akan dimulai dengan proses pendaftaran. "Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 15 bulan in (April) sampai tanggal 17 bulan besok (Mei)," kata Esha.

Pendaftaran ini dikatakan Esha bisa dilakulan melalui chat WhatsApp ke dua nomor. "Pertama ke nomor saya di 082111311644 dan Bang Arman di 08979743701," terang Esha.

Nantinya, lanjut Esha, sebelum pelaksanaan acara akan dilakukan technical meeting pada 19 Mei. "Technical meeting-nya satu hari sebelum acara, tanggal 19-nya," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, total hadiah perlombaan ini senilai 22,5 juta rupiah ditambah trofi dan sertifikat. 

Acara ini juga dikatakannya akan menghadirkan Kong Guntur, salah satu tokoh budaya Bekasi. Di mana, Kong Guntur merupakan tokoh peraih Rekor Muri berpantun terlama nonstop, selama 12 jam, 5 menit, 32 detik.

Sementara tema pantun yang harus diusung peserta disebutkan Esha ada 3 kategori yang boleh dipilih salah satu. "Pertama, budaya dan pariwisata Jabar di wilayah Melayu-Bekawi. Kedua, kuliner wilayah Melayu-Betawi. Dan terakhir, lestariin bahasa Melayu-Betawi," jelasnya.

Berikut ini adalah persyaratan peserta:

  1. Peserta adalah grup terdiri dari lima orang (laki-laki/perempuan/kombinasi).
  2. Usia peserta antara 15-20 tahun.
  3. Ngisi fromulir pendaftaran, CV, ama ngisi kesediaan 
  4. Masing-masing peserta nyerahin fotokopi KTP/Kartu Pelajar/ID.
  5. Nyerahin foto grup 2 lembar ukuran 10R.
  6. Nyerahin naskah/materi pantun pas mao lomba.