Header Ads

Atlet Kempo Asal Kabupaten Bekasi Hadiri Shorinji Kempo World Taikai

BEKASI – Salah satu atlet Kempo Kabupaten Bekasi, Raden Panji Gaza Ragabangsa (23), tengah melakukan persiapan sebelum bertolak mewakili Indonesia pada Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo di California, Amerika Serikat, pada akhir Juli hingga awal Agustus 2017.

Pekempo Kabupaten Bekasi, Raden Panji Gaza Ragabangsa

Peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat XIX 2016 ini bakal bersaing dengan atlet tingkat dunia.

Gaza menjelaskan, dirinya berkesempatan mengikuti kejuaraan tersebut, karena Shorinji Kempo World Taikai di San Fransisco, Amerika Serikat, melibatkan seluruh atlet kempo peraih medali emas tingkat dunia.

“Saya kaget tiba-tiba di telpon sebagai perwakilan dari Kabupaten Bekasi. Ini acara yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali, seluruh negara berkumpul disana. Dari Kabupaten Bekasi hanya saya,” ujar lelaki yang akrab di sapa Gaza saat ditemui di komplek Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kabupaten Bekasi, Margajaya, Bekasi Selatan, (7/4/2017).

Lanjut Gaza, kesiapan fisik menjadi fokus utamanya saat ini. Mengingat, pertimbangan faktor perbedaan cuaca dan suhu di tempat pertandingan, ditambah waktu yang semakin mepet.

”Melihat jadwal, pemberangkatan itu tanggal 27 Juli, sedangkan untuk pertandingan tanggal 29 Juli 2017,”terangnya

Untuk kelengkapan administrasi, Gaza mengaku sudah jauh-jauh hari menyiapkan berkas, selain untuk persyaratan pemberangkatan ke Amerika, sebelumnya juga untuk menghadapi Babak Kualifikasi (BK) Porda XIII, 2018 di Kabupaten Bogor.

“Sejauh ini, pertimbangan lainnya ikut di kejuaraan tersebut yakni untuk mengukur kemampuan dan menambah pengalaman dalam bertanding. Karena, tantangan di luar akan lebih besar, dan semua proses ini sangat berharga,” terangnya.

Dilokasi yang sama, Ketua Kempo Kabupaten Bekasi, Dadik Pranadi, membenarkan bahwa salah satu atlet andalannya itu akan bertolak mengikuti kejuaraan di Amerika. Beberapa persiapan, kata dia, sudah dilakukan oleh Gaza guna menghadapi pertandingan nanti.

“Persiapan mulai melakukan trining center (TC). Nanti mulai dipasangankan dengan atlet yang meraih emas PON. Sehingga akan pulang pergi untuk latihan,” jelasnya

Untuk mengukur latihan Gaza, Dadik tidak turun langsung karena untuk ajang ini, melibatkan pelatih dari Pengurus Besar (PB) Perkemi Indonesia.

“Ini atas nama Negara, dan hanya atlet pemenang PON kemarin saja yang diberangkatkan. Dari Kabupaten Bekasi hanya Gaza. Kedepannya, mungkin akan bertambah dari Bekasi,” harapnya.