Header Ads

PRO KONTRA Kereta Api Cepat

KOTA BEKASI - WAJAH BEKASI, Peluncuran proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang diluncurkan Pemerintah Republik Indonesia di kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI masih pro dan kontra. Pasalnya, akan ada pembebasan lahan milik warga di pinggil jalan tol.

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS, Mahfudz Abdurahman, menyampaikan, kereta api cepat merupakan program lama pemerintah pusat. Nantinya bisa menempuh jarak dari Jakarta – Bandung kisaran 39 menit lebih cepat, dan bisa digunakan warga Kota Bekasi.

"Namun lagi-lagi, kehadiran kereta api ini yang masih menjadi pro kontra di Fraksi PDIP DPR RI, karena nantinya akan ada pembebasan lahan milik warga yang ada di wilayah pinggir jalan Tol,” tuturnya kepada Berita Bekasi (Grup Tvberita.co.id), Rabu (11/1) di kediamannya, Komplek Yayasan Iqro, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Kehadiran kereta api cepat Jakarta-Bandung, kata dia, pertama kali hadir di Asia Tenggara. Oleh karenanya, ia berharap kereta api cepat tersebut nantinya bermanfaat bagi masyarakat dan jarak tempuh ke Bandung lebih cepat.

"Namun program pemerintah pusat ini di kalangan Fraksi PDIP-DPR RI masih menjadi pro dan kontra,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan, hadirnya kereta api cepat yang melintas di Kota Bekasi, secara trase pembangunan saat ini masih dalam pembahasan.
"Namun terkait adanya pro kontra, saya rasa pemerintah bisa mengatasinya, karena ini adalah program pemerintah pusat. Dan Kota Bekasi hanya terlintasi saja,” jelas Yayan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sendiri, kata dia, sejak 2016 melakukan meninjauan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Kalau kita mencermati, dengan kehadiran transportasi kereta api cepat ini sangat bagus. Karena dampaknya akan menghindari kemacetan yang ada di beberapa titik Kota Bekasi dan daerah lainya,” kata Yayan.

Ia mengatakan, otomatis bagi warga Kota Bekasi yang akan ke Bandung bisa masuk ke Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dulu. Kemudian tidak akan memakan waktu lama untuk tiba di Bandung 

Pemerintah Republik Indonesia yang melirik Jawa Barat yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Maka dari itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan proyek kereta api jalur cepat jurusan Jakarta–Bandung, dengan melintasi Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.


Kehadiran kereta api cepat yang akan melintasi Kota Bekasi menandai era baru pada 2017 sebagai tahun investasi dan ekonomi di Kota Patriot. (red)