Header Ads

TUGU ASEM RESMI JADI IKON CIKETING

TUGU ASEM RESMI JADI IKON CIKETING
Foto: Dakta Radio
Ciketing -Wajah bekasi ,Tugu Asem di Kampung Ciketing, Mustika Jaya, Kota Bekasi, telah diresmikan Minggu . Tugu ini menambah jumlah tugu yang telah berdiri di Kota Bekasi sebelumnya. Berada di Perempatan Asem, di puncak tugu ini terdapat buah asem raksasa dengan pondasi batang pohon asem asli.

Banyak cerita yang diwariskan sesepuh bahwa daerah Asem menjadi benteng pertahanan perjuangan pada masa kerajaan Mataram. Bahkan konon katanya, pejuang kemerdekaan juga sering beristirahat sambil menyusun strategi melawan penjajah di bawah pohon ini.

“Sejak kecil kita semua sudah tahu ada pohon asem di sini. Setelah melalui proses yang begitu lama, pohon ini akhirnya mati,” jelas Deni djiung (30). 

Deni djiung  menceritakan, sejak dia masih anak-anak, pohon asem tersebut memang sangat besar. Saat sudah mati, lapuk, dan cabang-cabangnya mengering, 

Mahfudz Abdurahman  meminta pohon ini dirawat karena pohon ini adalah penanda keberadaan kampung, dan tugu asem ini sbagai simbol pemersatu ,  tugu ini sudah dikenal luas oleh masyarakat, bahkan masyarakat di luar Kota Bekasi. Karenanya, dia berharap tugu asem dapat menjadi ikon Kampung Ciketing Mustika Jaya. Juga sebagai patokan agar masyarakat mengetahui letak Kampung Ciketing.

Salah satu warga Ciketing, dedi  (38), bersyukur atas berlangsungnya acara peresmian ini. Dia berharap acara festival bisa berlangsung setiap tahun. “Mudah-mudahan ini (tugu asem) bisa jadi alamat orang kampung. Semoga warga Ciketing Mustika Jaya, yang Betawi khususnya, bisa terus melestarikan budaya,” tutupnya.(red)