Header Ads

PONDOK DUA BABELAN JADI WISATA ALAM

BABELAN - Wajah Bekasi, Rencana program dari Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (disparbudpora) Kabupaten Bekasi, untuk membuat suatu kelompok sadar wisata, agar potensi kepariwisataan wilayah pesisir dapat tergali secara optimal, dan dapat dikembangkan mendapat respon positif dari Kepala Desa yang ada di pesisir.

Salah satunya adalah Yakup, Kepala Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi dirinya bersama lembaga kepemudaan berencana akan membuat kampung pondok dua menjadi objek wisata mangrove.

"Keindahan pondok dua sudah dikenal banyak orang sejak lama, namun mereka yang datang kesini, hanya melihat-lihat keindahan mangrove kemudian balik lagi, dari situlah kami berusaha dan berupaya untuk membuat kawasan ini menjadi kawasan ekowisata mangrove, dan dalam waktu dekat kami akan membuat peraturan desa (perdes) tentang hal tersebut, "ujarnya.

Menurutnya, banyak yang bisa digali dari kekayaan mangrove yang ada di kampung pondok dua, kami-pun berupaya untuk membuat rumah makan apung di sepanjang jalur lintasan wisata mangrove. Agar pelancong bisa menikmati indahnya hutan mangrove sambil menikmati kuliner asli pesisir.

"Nanti kita berdayakan masyarakat sekitar untuk menjajakan hasil olahan dari daerah pesisir, diantaranya, sajian ikan bakar segar di atas air, olahan makanan dodol yang terbuat dari buah pohon api-api, dan sebagainya, "terangnya.

Panjang lintasan hutan mangrove yang ada di pondok dua kata dia, sepanjang kurang lebih tiga kilometer, bisa diakses melalui perahu nelayan sekitar.

"Keindahan hutan mangrove pondok dua bisa diakses melalui jalur air menggunakan perahu nelayan, karena nelayan disini bekerja mencari ikan di pagi hari dan menjelang sore, siang hingga sore mereka bisa mengantarkan para pelancong menikmati keindahan hutan mangrove Pondok Dua berkeliling menggunakan perahu, "jelasnya.(red).