Header Ads

Ribuan Warga Kota Bekasi Ikuti Shalat Idul Fitri 1437 H

Wajah bekasi - Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu bersama warga Kota Bekasi mengikuti Shalat Iedul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah di Masjid Agung Al Barkah, Bekasi Selatan Kota Bekasi, Rabu, (6/7).

Sebelumnya genap selama 30 hari, umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriah. Ibadah puasa menjadi kewajiban umat muslim untuk menuju insan bertaqwa. Dan usai menjalankan ibadah puasa tersebut, umat muslim mengikuti Shalat hari raya Idul Fitri.

Kali ini, selaku Imam Shalat Idul Fitri kali ini, Ustad Faisal Ilahi Al-Hafidz dan Khotib H Ahmad Syaikhu yang juga Wakil Walikota Bekasi.

Sebelumnya Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi juga menyempatkan menyapa warganya melalui sambutannya dalam kesempatan itu. Ia berharap selama sebulan penuh menjalankan Puasa Ramadhan, menjadikan warga muslim lebih bertaqwa kepada Allah SWT.

"Menjadi keluarga warga Kota Bekasi bertaqwa, rukun dan damai, sejahtera mewujudkan Kota Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan," ucap Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Dalam khotbah Shalat Idul Fitri, H Ahmad Syaikhu mengatakan puasa menjadi ajang penyucian diri dan pengaruhnya pada peradaban masa yang akan datang.

"Individu fitri mengutamakan ketaqwaannya. individu unggul melakukan perbaikan tak kala melakukan kesalahan atau kehilafan," kata Ahmad Syaikhu.

Selain individu fitri juga Masyarakat fitri pun kata dia menjadi perwujudan peradaban. Dengan masyarakat fitri akan muncul para pemimpin yang amanah dan taat memakmurkan negara. Negeri yang baik dan mendapat ampunan dalam istilah Baldatun Toyyibatun warofun goffur.

Ia melanjutkan perwujudan peradaban ini yakni penyembahan kepada Allah SWT sebagai pilar keimanan, pembebasan dari kelaparan yakni pilar kesejahteraan dan kebebasan dari ketakutan yakni pilar keamanan. Tiga pilar tentunya harus berjalan seimbang atau mengindahkan satu dengan yang lain.

"Setiap warga menjalankan ajaran agamanya dalam seluruh aspek kehidupan. dan tiga pilar ini menjadi dasar peradaban kehidupan bermasyarakat kedepan," harapnya.

Usai melakukan shalat ied dan mendengarkan khutbah, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Wawali Ahmad Syaikhu bersilatrahmi dengan warga jamaah Shalat Ied. Saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan. (goeng)

Source: Pemerintah Kota Bekasi