Header Ads

DPC IDAMAN KAB BEKASI DUKUNG VERIFIKASI PARTAI IDAMAN KE KPU

Bekasi – Wajah Bekasi ,  Di samping partai politik yang telah mengikuti Pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 bakal dipanaskan oleh enam parpol baru.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Tehna Bana Sitepu menyatakan, keenam parpol baru tersebut telah mengajukan permohonan menjadi badan hukum. Keenam parpol itu adalah Partai Rakyat, Partai Pribumi, Partai Idaman, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Indonesia Kerja, dan Partai Beringin Karya.

“Juli harus sudah masuk semua syarat administrasi. Pengumuman lolos badan hukum Oktober,” kata Tehna di Jakarta.

Pendaftaran parpol menjadi badan hukum oleh Kemenkumham dibuka mulai tanggal 24 Mei sampai 29 Juli 2016.

Dokumen-dokumen yang wajib diserahkan oleh parpol baru antara lain akta pembentukan parpol, kepengurusan parpol, surat keterangan Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol), surat domisili kantor, dan syarat minimal kepengurusan.

Sebelumnya diberitakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Jakarta meresmikan pembukaan pendaftaran partai politik baru menjadi badan hukum. Pada saat bersamaan juga dimulai verifikasi parpol oleh Kementerian Hukum dan HAM jelang pemilu serentak 2019.

“Kalau lolos itu badan hukumnya, nanti syarat ikut pemilu ada di UU Pemilu,” kata Yasonna usai acara peresmian, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Komisioner KPU Ida Budhiati, Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie, dan Ketua Umum Partai Islam Damai Aman Rhoma Irama.

Terpisah ketika di temui di ruang kerja DPC Partai Idaman Kabupaten Bekasi yang berlokasi di perempatan SGC Cikarang Saleh Manaf " langkah penting bagi kami untuk bisa memasuki gelanggang pemilu secara legal formal, Agar lolos verifikasi, setiap partai politik, termasuk Partai Idaman harus memiliki pengurus tingkat provinsi di 34 provinsi atau 100 persen, pengurus tingkat kabupaten/kota di 75 persen dari 416 kabupaten dan 98 kota, serta pengurus tingkat kecamatan di 50 persen dari 6.524 kecamatan. 

Saleh Manaf yang akrab disapa Bang SM bertekad akan terus bersosialisasi kepada khususnya warga kabupaten bekasi agar dapat menerima kehadiran PARTAI IDAMAN dan bisa memilih partai idaman .