Header Ads

GOLOK IDENTITAS WARGA BEKASI

Tambun Utara –  Wajah Bekasi , Untuk menunjukkan identitas Bekasi dan mengenalkannya kepada masyarakat, Kepala Desa Srijaya Drahim Sada kembali membangun tugu golok. Kali ini tugu golok tersebut dibangun di perbatasan Kecamatan Tambun Utara dan Kecamatan Sukawangi.
Ditemui Waah Bekasi di kediamannya, Drahim Sada mengatakan "pendirian tugu golok tersebut merupakan bagian dari niatnya untuk membangun identitas kebekasian. Menurutnya identitas Bekasi perlu dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat, mengingat saat ini pembangunan di Bekasi terus bergeliat.
“Golok kan lambang resmi Kabupaten Bekasi, jadi kita ingin berusaha mempertahankan identitas itu,” ujarnya.
Menurut Drahim, tugu golok yang dibangun kali ini berbeda dengan tugu golok yang sebelumnya sudah dibangun. Karena bentuk tengah golok dibuat dari tiang-tiang menyerupai bambu dan di bagian ujung goloknya dibentuk seperti bendera merah-putih yang berkibar.
Lanjut Drahim, tugu golok tersebut merupakan tugu golok ke-enam yang dibangunnya. Ia juga berniat untuk terus memperkenalkan golok kepada masyarakat.
“Zaman boleh maju, tapi kita kudu ngeuh terus sama budaya sendiri,” terang Kades yang juga menjadi Ketua Paguyuban Pemangku Seni Budaya Bekasi (Pangsi) . (Inas)