Header Ads

MEMBUDAYAKAN PANCASILA BAGI PELESTARI BUDAYA


Pondok Gede-Wajahbekasi.com , Barisan masyarakat berbaju pangsi terlihat serius mengikuti sosialisasi  MPR RI Dan wawasan kebangsaan yang berjudul " membudayakan pancasila dengan budaya " ( 27/11/2015).

"Kegiatan ini sangat strategis di lakukan karena  khususnya yang tergabung dalam masyarakat Budayawan bekasi bisa mengenal Pancasila dalam kontek dan arti sebenarnya pasal-pasal baik yang tercantum dalam 5 sila sebetulnya kalau dengan benar kita laksanakan bisa membawa negara kita ini menjadi negara yang baldatun toyibatun warobun gofur" ungkap  Ketua Panita Pelaksana Hasanudin.
Menurut hasanudin, penyelenggaraan kegiatan tersebut kami meminta kepada anggota DPR/MPR RI Bapak Mahfudz Abdurrahman  untuk dapat menyampaikan Materi , alhamdulillah  mendapat sambutan positif dari beliau .
dalam sosialisasi kali ini selain penjabaran materi oleh Mahfudz abdurahman beliau juga di temani sekaligus sebagai nara sumber seorang Jurnalis yang juga  ketua Lintas Wartawan Bekasi Ahmad Suryadi yang menjabat sebagai Pimred Wajahbekasi.com.


Mahfudz Abdurahman mengatakan, acara ini bertujuan agar para pelestari budaya memahami nilai-nilai jati diri bangsa. Dia mengungkapkan, MPR sangat menaruh harapan yang besar terhadap para peserta agar dapat memahami secara utuh nilai-nilai empat pilar yang disosialisaikan oleh MPR tersebut. "Kegiatan ini menjadi penting agar para pelestari budaya dapat memahami nilai-nilai jati diri bangsa yang terangkum dalam empat pilar MPR RI tersebut," ujar Mahfudz abdurahman. 
Dengan sosialisasi empat pilar yang audiensinya mahasiswa yang akan menjadi pemimpin generesi penerus bangsa, dapat meneruskan sosialisai empat pilar tersebut. "Jadi MPR ini juga sosialisai tidak hanya mereka menedengar, tapi mereka harus bisa jadi pemimpin bangsa juga mensosialisi kepada masyakrkat dan melakukannya secara berkelanjutan," jelas Mahfudz pada para peserta yang kurang lebih hampir 120 orang yang menghadiri acara ini..

sementara itu Dalam Penyampaian Materinya Ahmad Suryadi  Mengungkapkan " "Pemahaman dan kesadaran tentang nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara mulai tumbuh di masyarakat,",Masih Menurut Suryadi , hasil baik tersebut antara lain terlihat dari  masyarakat di berbagai wilayah  di bekasi sudah kenal dengan program Empat Pilar dan sering bertanya soal kegiatan Empat Pilar kepada anggota MPR RI saat berkunjung ke kota patriot ini , juga melihat, ada sinyal positif mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara dari generasi muda."Hal ini harus direspons positif untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan pemuda dan para pelestari budaya ," katanya.

Pada kesempatan tesebut,ahmad suryadi  juga menilai sosialisasi Empat Pilar dapat berjalan efektif di antaranya atas peran media massa, baik media online, televisi, radio, maupun media cetak serta tak kalah penting nya peranan para budayawan pelestari seni.Menurut pria yang sehari-hari di panggil  bang Are , peran media massa yang memberitakan kegiatan-kegiatan sosialisasi Empat Pilar maupun substansinya, mempercapat sosialisasi Empat Pilar MPR RI diterima masyarakat di berbagai daerah.

Dia mengutip informasi dari Mahfudz abdurahman , dalam rapat evaluasi Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, telah diputuskan, pada tahun 2016 MPR RI akan mengembangkan sosialisasi Empat Pilar dengan lebih kreatif dan disesauaikan dengan segmen masyarakat, terutama generasi muda.

"Sosialisasi Empat Pilar akan diprioritaskan kepada pelestari budaya , pelajar, mahasiswa, dan para pemuda, agar mereka dapat terlibat lebih aktif," katanya.

Muhaidin Darma salah seorang peserta menungkapkan " negara ini tanggung jawab bersama dalam menjaga akhlaq serta dasar negara , alangkah kacaunya sebuah negara tanpa memegang erat dasar sebuah negara yaitu pancasila saya selaku pelestari budaya juga harus serius menjaga serta menyosialisasikan dasar negara adalah bagian dari budaya , budaya yang berpancasila mengakhiri wawancara dengan awak media ( Mey)