Header Ads

TANGKAP PEMBUANG SAMPAH DAN DAPAT UANG


Babelan - Wajahbekasi.com ,BANYAKNYA warga yang membuang sampah sembarangan di sepanjang Jalan Raya Kebalen, Kecamatan Babelan, membuat geram Lurah Kebalen, Ganda, S.AP. Sampai-sampai lurah mengeluarkan sayembara, siapa saja yang bisa menangkap tangan pelaku yang membuang sampah sembarangan, lurah akan memberikan hadiah Rp 500.000,-

"Ya, bawa kesini pelakunya yang membuang sampah sembarangan. Orang yang menangkapnya akan saya kasih hadiah Rp 500.000,-," tutur lurah Kebalen berapi-api.
Nyatanya memang di sisi sepanjang Jalan Raya Kebalen, khususnya di lokasi kosong dan sepi, banyak tumpukan sampah yang dimasukkan dalam kantong plastik dan dibuang begitu saja. Menurut lurah, yang membuang sampah sembarangan itu biasanya dilakukan pagi hari sembari mereka berangkat kerja.

"Ada yang dilempar dari sepeda motor, ada juga yang dari angkutan kota," ungkap Lurah.
Beberapa kali aparat kelurahan melakukan 'bersih-bersih' mengangkat sampah tersebut, tetapi beberapa hari kemudian muncul lagi. Pihak kelurahan, aku lurah, juga sudah beberapa kali mengintai dan berusaha menangkap tangan pelakunya. Tetapi begitu diintai, tak ada yang membuang sampah.

Karenanya, Lurah mengeluarkan sayembara tersebut. Barangkali dengan adanya sayembara tersebut akan banyak warga yang berniat menangkap pelakunya. "Kalau ketangkap, saya sita KTP-nya. Saya catat identitasnya dan saya kasih peringatan. Kalau mengulangi lagi, kita akan persulit jika akan mengurus berbagai kegiatan administrasi di kelurahan. Ini supaya ada efek jera kepada semua warga yang membuang sampah sembarangan itu," tegas Lurah Kebalen yang memang sering ngantor sampai malam hari demi memberikan pelayanan kepada masyarakat itu.(red)

Tidak ada komentar