Header Ads

PEMBANGUNAN JALAN LINTAS UTARA HARUS DI LAKSANAKAN



Wajah Bekasi - Pembangunan Jalan Lintas Utara jika memang jadi terwujud, tentunya akan membuka perekonomian di wilayah Utara Kabupaten Bekasi lebih terbuka lagi. Jalan ini merupakan jalan alternatif Kabupaten Bekasi menuju Subang, Indramayu dan Cirebon.

Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri saat ini baru dalam tahap pembebasan lahan untuk jalan sepanjang 19 kilometer dan lebar 34 meter tersebut.

Kepala Bidang Fisik Bappeda Kabupaten Bekasi, Ir EY Taufik, menyebutkan, Sebenarnya proyek tersebut sudah dimulai sejak 2006, namun hingga 2013 baru 5,5 kilometer yang telah dibebaskan. Titiknya berada di Desa Setialaksana di Kecamatan Cabangbungin, Desa Sukatenang di Kecamatan Sukawangi, Pantai Hurip dan Buni Bakti di Kecamatan Babelan, Desa Samudra Jaya dan Segara Jaya di Kecamatan Tarumajaya.

“Tahun ini tidak dianggarkan untuk lanjutan pembebasan lahannya,” ungkap Taufik. “ 2016 akan diusulkan lagi,” ujar Taufik Pada Wajahbekasi.com
Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Eka mengaku dewan  siap menganggarkan, asalkan usulannya jelas.

Namun begitu, menurut Eka, . untuk mewujudkan jalan lintas utara  tersebut, dia meminta kepada para investor di kawsan industri agar berkontribusi memberikan bantuan dananya. Sebab, jalan tersebut bakal dijadikan akses kendaraan industri menuju Pelabuhan di Jakarta Utara.

“Kontribusi bisa berupa ikut membantu proses pembebasan lahan,” kata Eka. Bila proyek ini selesai dalam waktu singkat, dia oprimistis mampu mendongkrak roda perekonomian masyarakat di Bekasi bagian utara. “Dapat mengurangi kemacetan di jalan utama dan tol Jakarta-Cikampek,” ujar Eka.(red)