Header Ads

PEDAGANG DADAKAN RAMAIKAN BABELAN


pasar Babelan

BABELAN WAJAH BEKASI -jelang pasar tumpah yang diyakini para pedagang musiman pada setiap tahunnya saat akan memasuki bulan puasa, para pedagang musiman akan mempersiapkan stok kebutuhan pokok, seperti, sayur mayur, telur, ikan, daging, dan yang lainnya, untuk kebutuhan bahan pokok dikalangan masyarakat khususnya muslim yang biasanya disetiap akan memasuki bulan puasa sebelumnya melakukan aktifitas belanja untuk persiapan di bulan puasa, agar mempunyai stok barang kebutuhan pokok sementara, seperti yang terjadi dipasar Babelan, pasalnya setiap tahun menjelang bulan puasa, terlihat masyarakat antusias untuk berbelanja kepasar.

Salah satu warga kampung turi desa sriamur, kecamatan tambun utara, kepada Wajahbekasi.com, Rabu (25/6), mengatakan, kedatangan saya ke pasar Babelan ini untuk berbelanja kebutuhan menjelang bulan puasa besok, ini saya lakukan rutin pada setiap tahunnya, karena memang kegiatan ini sudah menjadi tradisi kampung yang biasa disebut munggahan, “jelasnya.
             
Dia menambahkan, untuk bahan kebutuhan Sembilan bahan pokok mengalami kenaikan signifikan, mencapai 20% dari harga semula, semisal untuk harga telur perkilogramnya yang semula seharga Rp.20.000 saat ini menjadi Rp.23.000, mengalami kenaikan Rp.3000, dan juga kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya. “ujarnya.
             
Sama halnya yang dikatakan, Adi, salah satu warga Babelan, menurutnya,  memang sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya, semakin banyaknya permintaan diikuti pula dengan lonjakan harga, apalagi menjelang bulan puasa seperti ini,jelasnya.
             
Salah satu pedagang daging sapi potong, Gunawan, mengatakan, lantaran belum stabilnya harga, kami para pedagang merasa bingung terkait harga bahan pokok, sehingga pedagang dipasar Babelan ini sementara masih memberlakukan harga lama,  seraya menambahkan untuk bahan-bahan pokok sementara masih aman dan relative stabil. “karena stok daging masih ada, untuk sementara kami memberlakukan harga lama untuk penjualannya”. “ungkapnya.

Dari pantauan wajahbekasi.com, didapati bahwa pasar Babelan adalah pasar sentral untuk warga yang berada di lima Kecamatan di Kabupaten Bekasi, diantaranya, warga Kecamatan Babelan, warga Kecamatan Tambun Utara, warga Kecamatan Sukawangi, warga Kecamatan Tarumajaya, warga Kecamatan Tambelang, dan menjelang bulan suci ramadhan belum adanya operasi pasar yang dilakukan oleh dinas terkait, terutama untuk harga bahan pokok di pasar tradisional, sementara tinggal dua hari lagi akan menjelang bulan suci ramadhan.(red)

Tidak ada komentar