Header Ads

ORMAS NILAI PEMKAB BEKASI LAMBAN WUJUDKAN PELABUHAN TARUMANEGARA


BEKASI – Beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) serta para nelayan di pesisir utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mempertanyakan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang lamban melaksanakan pembangunan Pelabuhan Terminal Tarumanegara.
Pembangunan pelabuhan ini direncanakan berada di wilayah utara Kabupaten Bekasi yakni di Kecamatan Tarumajaya yang bersinggungan langsung dengan Laut Jawa.
“Rencana pembangunan Pelabuhan Terminal Tarumanegara sudah digulirkan sejak 7 tahun lalu. Dari awal, pembangunan ini tidak menggunakan uang rakyat (dana APBD Kabupaten Bekasi) tapi menggunakan dana investor atau pihak swasta,” kata Ketua Aliansi Utara, Sanusi Nasihun.
PT Mega Agung Nusantara (MAN) dan PT Mega Agung Liong Nusantara (MALN) selaku investor, kata Sanusi, sudah proaktif dengan mengurus izin pembangunan dari Kementerian Perhubungan. “Bahkan, izin tersebut sudah diperoleh PT MAN beberapa waktu lalu,” katanya.
Sanusi menambahkan, dasar perencanaan pembangunan pelabuhan pelabuhan ini didasarkan Peraturan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 38 tahun 2012 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjungpriuk yang di dalamnya terdapat Pelabuhan Tarumanegara-Kabupaten Bekasi.(red)