Header Ads

NILAI ZAKAT 31.500 PERORANG


Wajah Bekasi - MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi menetapkan besaran zakat fitrah sebesar  Rp 31.500,- atau setara dengan 3,5 liter beras seharga Rp 9.000/liter. Dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah tersebut, Bupati Bekasi Hj Neneng Hasanah telah pula mengeluarkan surat edaran perihal ketentuan atau tatacara pembayaran dan penyaluran zakat fitrah tersebut.

Beberapa ketentuan tersebut, antaranya, untuk pegawai Pemerintah Kabupaten Bekasi  masing-masing dipungut dua jiwa (suami istri) untuk yang telah berkeluarga dan dikoordinir bendahara masing-masing. Hal yang sama juga berlaku untuk pekerja swasta, yang penarikan zakat fitrahnya dikoordinir masing-masing bendahara perusahaan.Untuk masyarakat luas yang menyalurkan zakat firah melalu musholah, masjid tingkat RT dan desa, hasil penerimaan zakat firah disalurkan langsung kepada mustahiq di wilayah masing-masing , kemudian melaporkan hasil penerimaan dan penyalurkan zakat fitrah ke desa setempat, untuk kemudian oleh kepala desa setempat dilaporkan kembali ke kecamatan paling lambat pada 26 Ramadhan 1436 H.

Kecamatan setelah menerima laporan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah tersebut kemudian melaporkan ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bekasi paling lambat 7 Syawal  1436 H.
Hasil pengumpulan zakat firah dikoordinir oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masing-masing dan disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Bekasi paling lambat 26 Ramadhan 1436 H. Demikian halnya UPZ Dinas Pendidikan, juga menyetorkan langsung ke BAZNAS Kabupaten Bekasi selambat-lambatnya 26 Ramadhan 1436 H.(red)