Header Ads

KERISIS KEBERSAMAAN DI SEKITAR KITA

Bekasi - wajahbekasi.com, Rahmat Malik direktur LAZ TAMU  Mengatakan Manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Antara seorang dengan yang lain tentu saling membutuhkan dan dari situ timbul kesadaran untuk saling bantu-membantu dan tolong-menolong. Tidak mungkin seseorang dapat bertahan hidup sendirian tanpa bantuan pihak lain .Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia, dengan tolong menolong kita akan dapat membantu orang lain dan jika kita perlu bantuan tentunya orangpun akan menolong kita. 

Dengan tolong menolong kita akan dapat membina hubungan baik dengan semua orang. Dengan tolong menolong kita dapat memupuk rasa kasih sayang antar tetangga, antar teman, antar rekan kerja. Singkat kata tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang. Dengan menolong orang lain kita akan mendapatkan kepuasan yang amat sangat, kebahagiaan yang tak terkira, juga ada rasa bahwa kita ini ada dan diperlukan oleh orang lain. Rasa bahwa kita ini berguna bagi orang lain. Juga dengan mau menolong orang lain, pasti ada orang yang mau menolong kita, berlaku hukum sebab akibat, jika kita menolong A belum tentu A yang akan menolong kita, bisa saja B yang menolong kita. 

Kita sering heran pada orang yang mampu untuk menolong seseorang tetapi tidak mau melakukannya, banyak orang kaya yang tidak mau memberi sebagian hartanya untuk orang miskin, banyak orang pintar yang tidak mau mengajarkan saudaranya yang bodoh, bahkan sebaliknya banyak orang kaya yang menipu orang miskin, banyak orang pintar membohongi orang bodoh demi keuntungan pribadinya. Dengan menolong orang lain sebenarnya kita menolong diri sendiri, itu yang kita yakini dalam agama kita, jadi janganlah sungkan menolong orang lain ungkap pria pecinta pencak silat.

Dengan menolong orang lain hidup kita akan terasa bermakna, jauh dari kehampaan hidup. Banyak orang yang sekarang ini merasa hampa, karena sudah dikuasai cara hidup individualistis. Menolong tidak harus dengan harta, bisa dengan tenaga, pikiran atau ide, bahkan dengan doa sekalipun.

lebih lanjut dia mengatakan pada Wajahbekasi.com , saat ini minimnya pemberian bantuan kepada masyarakat miskin karena jarangnya sosialisasi suatu lembaga sosial mengkampanyekan bahwa masyarakat miskin adalah tanggung jawab bersama dan pemerintah . Hal itu dikarenakan lesunya ekonomi akibat melemahnya penghasilan masyarakat akibat banyak perusahaan memPHK dan kurangnya lapangan pekerjaan . 

"Semua harga kebutuhan menjadi naik tak di imbangi dengan penghasilann yang memadai,  "Saya keliling ke daerah-daerah banyak sekali orang ini yang kesulitan untuk membeli kebutuhan sehari-hari terutama kehidupan sehari-hari," ujar Penasehat Gerakan Moral Pelestari Silat budaya betawi. 

Oleh karenanya, pemerintah diminta memperhatikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Sekarang ini kalau kita keliling ke desa-desa itu banyak sekali rakyat kita yang tadinya mendekati miskin menjadi miskin akibat kenaikan harga-harga jadi sosial safety net perlu sekali," tuturnya.

LAZ TAMU adalah bagian dari sekian banyak lembaga yang mencoba memecah kebuntuan kesulitan masyarakat ,mudah-mudahan bisa memberikan manfaat  bagi masyarakat sambil menutup pembicaraan pada wartawan Wajahbekasi.com (red)