Header Ads

VIA SUARAKAN BUADAYA BEKASI LEWAT TARI


Walaupun usianya terbilang masih muda, siswi SMK Bina Karya Mandiri 1 ini sudah meraih segudang prestasi

Rutinitas yang dijalaninya itu ia lakoni dengan ikhlas sehingga ia pun eksis dalam dunia topeng Betawi. Sejak umur 8 tahun Via Oktaviani (17) telah terjun menjadi penari topeng sehingga betul-betul menjiwai suka duka dan asam garam dunia topeng ini.

Anak dari pasangan Sawiyah, dan Kikin Nongkir ini menuruni bakatnya dari paman dan neneknya yang benar-benar berdarah seni asli Betawi ini. Tak ayal puluhan seni tari tradisional Betawi Via bisa membawakannya dengan fasih.

"Sekitar 20 lebih tarian yang saya kuasai, diantaranya tari topeng tunggal, lenggang nyai, tapak tangan, ronggeng blantek, dan masih banyak lagi yang lain," kata Via Kepada Suara Bekasi, Kamis (21/5).

Berkat jiwa seninya itu Via pun dibanjiri oleh job-job yang meminta dirinya untuk memeriahkan berbagai acara.

"Mestas sering untuk hajatan nikahan, sunatan. Acara-acara adat Betawi, sampe acara besar Pemerintahan Kota/Kabupaten untuk nyambut tamu undangan," jelas siswa yang kental dengan bahasa Betawinya ini.

Siswi kelahiran Bekasi, 08 Oktober 1998 ini pun, mengaku telah banyak prestasi yang diraihnya berkat kepiawannya dalam seni tari.

"Banyak kok penghargaan yang udah saya raih, penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, penghargaan dari TMII, baik piala dan uang tunai itu semua berkat seni tari Betawi," ucapnya usai meriahkan acara Sertijab Camat Tambun Utara. (Gun)