Header Ads

KURIKULUM 2013 TAK SESUAI DI INDONESIA


Wajah Bekasi - Tokoh Pendidikan Nasional yang juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta, Azumardy Azra mengatakan bahwa kurikulum pembelajaran tahun 2013 tidak sesuai dengan semangat dan marwah pendidikan di Indonesian, banyak hal yang kurang tepat kata Azra jika kurikulum 2013 tetap dilakukan dalam proses pembejalaran untuk tahun ajaran nanti.



"Jadi dalam kurikulum tersebut setiap guru dibebankan juga dalam hal adiministrasi, padahal tugas dan kewajiban guru adalah dengan melakukan transfer ilmu dan mengajar,"ucap Azra saat mengisi seminar di Alexandria Islamic School, Rawalumbu Minggu (24/5).



Selain itu kurikulum 2013 kata Azra ikut memberikan beban kepada siswa, Azra pun kecewa saat proses pembentukan kurikulum 2013 oleh pihak kementerian pendidikan sebelumnya yang tetap memaksakan mengoalkan kurikulum tersebut.



Dan menurut Azra Kurikulum 2006 lebih efektif untuk digunakan sebagai metode belajar siswa.
"Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 lebih mudah digunakan dalam proses belajar dan mengajar,"papar Azra.



Sementara itu Direktur Alexandria Islamic School Rahmi Qadri sepakat dengan pernytaan yang disampaikan oleh  Azra yang menyatakan kurikulum KTSP lebih baik dari Kurikulum 2013 dalam metode belajar.
Untuk itu kata Qadri sekolahnya kembali menggunakan kurikulum KTSP.


"Tentunya ada plus minusnya, namun saya sependapat dengan pak Azumardi bahwa saat ini kurikulum yang tepat di kembalikan ke kurikulum 2006 yaitu KTSP,"jelas Qadri.(red)