Header Ads

LOMBA DESA

BEKASI  -  Lomba  Desa Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2015 dilaksanakan di dua desa,dua Kecamatan,Kamis (19/3),yaikni,Desa Segara Jaya Kecamatan Tarumajaya dan Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan.Desa tersebut yang dilombakan ini merupakan desa yang ditunjuk sebagai  perwakilan desa lainnya yang ada di Kecamatan tersebut.






Hadir pada lomba Desa tersebut Bupati Bekasi dr Hj Neneng Hasanah Yasin diwakili dengan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) H Abdillah Majid SH MM , Tim Penilai Lomba
Desa Tingkat Kabupaten Bekasi , Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi,DPRD Kabupaten Bekasi ,Muspika  Kecamatan Tarumajaya , Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tarumajaya , dan Desa Segara Jaya  ,Kepala Desa se Kecamatan Tarumajaya , ,BPD Segarajaya.


 M Soleh S.Sos Sekretaris Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( BPMPD) Kabupaten Bekasi mengatakan,Kamis (19/3),Lomba Desa Tingkat Kabupaten ini mencari satu desa yang layak
dan bagus secara keseluruhan dalam penilaian,mengacu pada Permendagri no 13 Tahun 2007 yang mengatur pada 8 indikator yang di lombakan dalam lomba desa ini. Menurutnya, target Kabupaten pada lomab ddesa kali
,itu harus masuk tiga besar pada Tingkat Provinsi.Dan, pihaknya mengacu arahan lomba desa tingkat  Provinsi,"Jadi indikator Tigkat Nasional pun pasti mengacu Permendari ini, sehingga apa yang kami lakukan dilapangan itu tidak terlalu jauh  dengan tingkat Provinsi dan Nasional," katanya


 Seraya dikatakan dia, ini sudah memasuki hari ke 8 Tim Penilaian  melakukan tugasnya sudah
di 17 desa, jelasnya.


HM Sargan Kepala Desa Segara Jaya Kecamatan Tarumaya mengatakan, Kamis (19/3),Desa Segara Jaya terbagi 8 Dusun,32 RW,80 RT ,dengan jumlah penduduk 20.731 jiwa ,laki-laki 10.641 jiwa,perempuan 10.090 jiwa.kondisi sosial masyarakat rata-rata petani ,luas wilayah 779,385 hektar.


 H Abdul  Rosid Komisi A DPRD Kabupaten Bekasi mengatakan,kehadiran 4 orang Dewan pada lomba desa di Desa Segara Jaya ini berdasarkan undangan dari  Kecamatan Tarumajaya. khususnya  Dewan Dapil IV  saja,  'sedangkan rekan Dewan yang lainnya itu lagi  ada acara di Depok,katanya. Terpisah.
"Terwujudkan  masyarakat yang mandiri,meningkatkan  pendapatan dan kesejahteraan masyarakat" Dikatakan Kepala Desa Kedung Pengawas H Nacin mengarakan. Menurutnya, ,jumlah  penduduk sekitar 14959 orang ,terbagi  laki-laki 7699 orang  perempuan  7260 orang ( 4257.KK) ,dengan memiliki luas  area 582,5 hektar,sedangkan  usaha masyarakat  Kedung Pengawas ini rata rata adalah petani sebanyak 6,5 persen .


 A.Rojak SAP Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan(UPTB) Pemberdayaan Perempuan dan Keluarhga Berencana (PPKB) Kecamatan Babelan mengatakan, kesadaran masyarakat tentang penggunaan alkon (alat kontrasepsi) pada peserta KB sudah tinggi di Babelan ini,jelasnya.