Header Ads

Kaosnya Orang Bekasi
  • Terbaru

    Rahmat Malik "Tradisi Rebut Bangku Sekolah" Merupakan Sugesti

    Bekasi  -  wajahbekasi. Com Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Bekasi , Jawa Barat, berebut bangku sekolah di hari pertama kegiatan belajar mengajar. Bahkan, para orangtua murid ikut sibuk mencarikan barisan bangku paling ideal untuk anaknya.

    "Dari subuh orangtua murid kelas satu sudah ada di sekolah untuk antar anaknya mendapatkan bangku terdepan di hari pertama sekolah," kata Penjaga Sekolah Dasar (SD) Negeri Mustika Jaya ,  Senin (17/7) .

    Dia mengatakan, beberapa tahun lalu orangtua murid datang ke sekolah lebih pagi sambil bawa lampu senter untuk mencarikan tempat duduk terdepan di dalam kelas. Tetapi, tahun pelajaran ini orangtua murid datang setelah shalat subuh.
    "Tadi pintu kelas belum dibuka, murid sudah antre di depan pintu masuk kelas," katanya.

    Orangtua murid SD Negeri Mustika Jaya bekasi , Nurhasanah mengaku datang ke sekolah sejak pukul 05.00 WIB. Dia bermaksud menemani anaknya mendapatkan tempat duduk terdepan dan pertama.
    "Kalau tidak pagi-pagi, bangku terdepan sudah penuh terisi," katanya.

    Nurhasanah mengimbuhkan, mengantar anak ke sekolah di hari pertama merupakan bentuk perhatian orangtua kepada anak agar memotivasi anak terus semangat belajar di sekolah.
    "Saya mau dapat bangku pertama agar lebih pintar," kata Helmi, pelajar SD Negeri Mustika Jaya sambil antre di depan pintu kelas yang belum dibuka.
    Helmi mengatakan, teman-teman banyak yang datang pagi ke sekolah. "Jadi saya ikut datang pagi juga diantar ibu," imbuhnya.

    Sementara itu pemerhati budaya bekasi H Rahmat Malik, S. sos , mengatakan tradisi berebut bangku di sekolah pada hari pertama masuk sekolah merupakan kepercayaan orangtua agar anaknya lebih pintar dan lebih cepat menerima pelajaran dari guru.
    "Padahal, 'sugesti' itu tidak benar karena di mana pun anak mendapatkan tempat duduk akan mendapatkan pembelajaran yang sama dari guru," katanya.

    Malik menyatakan, tradisi berebut bangku terjadi setiap hari pertama masuk sekolah di tahun pelajaran pertama di Bekasi . Karena kepercayaan mendapatkan tempat duduk terdepan untuk lebih pintar dan lebih dekat dengan guru masih ada.
    "Di sini yang berebut bangku bukan hanya anak tetapi orangtua murid juga ikut berebut bangku terdepan di dalam kelas," katanya.

    Lebih lanjut Menurut Rahmat Malik , maksud orangtua antar anak ke sekolah memang benar untuk mengenalkan lingkungan baru. Tetapi jangan berlebihan karena bisa mengganggu proses belajar mengajar di sekolah.( red)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad