Header Ads

Kaosnya Orang Bekasi
  • Terbaru

    Curhat Warga Kampung Sembilangan Hurip Jaya Babelan

    Kampung Sembilangan Rt 05/03 Dusun II yang berada wilayah Desa Hurip Jaya dan berada di ujung Kec Babelan berbatasan dengan Kec Taruma Jaya adalah salah satu kampung yang warganya menggantungkan mata pencaharian pada tambak rumput laut dan tambak ikan seperti bandeng, mujair, udang dll.


    Salah satu mata pencaharian warga yang cukup menjanjikan adalah pembudidayaan rumput laut, rumput laut dapat dipanen dalam jangka waktu 6-8 minggu lalu dijual untuk selanjutnya dijadikan bahan baku berupa kosmetik dan produk lainnya seperti makanan ringan.

    Ironis pasca banjir kemarin, setidaknya 5 kampung di pesisir Desa Hurip Jaya terendam banjir termasuk sembilangan. Banjir yang merendam tambak sekitar seminggu (17 s/d 24 Februari 2017) menyebabkan warga mengalami kerugian materil dan bahkan kepunahan mata pencaharian.

    Air banjir kali ini disinyalir warga mengandung limbah yang merusak habitat budidaya rumput laut para petani tambak, akibatnya bibit yang mereka tanam banyak yang mati akibat terkena limbah tersebut. Selain itu banjir juga mengakibatkan banyak warga terjangkit penyakit seperti gatal, diare, muntaber dan yang lainya.

    Menyikapi hal ini Instansi pemerintah yang terkait dianggap lamban dalam menanggani bencana yang terjadi di Sembilangan tersebut.

    Pasca banjir di Sembilangan, baru ada bantuan dari relawan kesehatan yang bekerja sama dengan beberapa rumah sakit terdekat, mereka melakukan pengobatan gratis dan pembagian sembako untuk warga setempat.

    "Kami sebagai warga Sembilangan berharap kepada instansi pemerintahan terkait untuk lebih sigap dan tanggap dalam menangani banjir tersebut. Ini merupakan salah satu PR pemerintah yang harus segera di tangani agar kedepannya tidak terulang kembali" tutup Rahmat mengakhiri keluh kesahnya.

    Kampung Sembilangan saat banjir Februari 2017


    Narasumber: Rahmat Hidayat
    Teks oleh Rifai di Posko Jamkeswatch Babelan

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad