Header Ads

Kaosnya Orang Bekasi
  • Terbaru

    PJB Muara Tawar dukung Wisata Kampung Mangrove

    tarumajaya- Wajah Bekasi , Tujuh puluh ribu bibit mangrove didedikasikan PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Muara Tawar untuk memperbaiki pesisir utara Bekasi yang mengalami abrasi.
    Bibit tersebut ditanam secara bertahap mulai di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi . Penanaman mangrove tersebut diharapkan dapat memperbaiki lingkungan dan dapat membentuk kampung wisata mangrove di masa mendatang.
    "Penanaman 70 ribu mangrove merupakan rangkaian kegiatan  program magrove  corporate social responsibility (CSR) UP Muara Tawar. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian unit pembangkit yang mengelola pembangkit berkapasitas 1.760 MW tersebut terhadap lingkungan," kata, General Manajer PT PJB UP Muara Tawar Nur Hidayat.
    Ia mengatakan, selain mendukung pelestarian lingkungan, program mangrove UP Muara Tawar, diharapkan dapat memajukan perekonomian melalui sektor pariwisata bagi masyarakat pesisir.
    "Esensi kesuksesan program ini selain dari keindahan wisata mangrove, juga didapat dari kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan mangrove. Pemanfaatan itu antara lain mengolah buah mangrove menjadi makanan dan  kerajinan berbahan dasar akar mangrove,"  kata Nur Hidayat.
    Lebih lanjut Nur juga mengatakan bahwa penanaman mangrove juga akan melestarikan budaya pembuatan kerajinan perahu berbahan mangrove yang telah berkembang di Tarumajaya sejak dulu.
    Program mangrove CSR UP Muara Tawar meliputi edukasi lingkungan, pelatihan budi daya dan pemanfaatan mangrove. Pada tahap awal telah dilakukan pelatihan pembibitan mangrove bagi nelayan.
    setelah penanaman mangrove berhasil akan disusul pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan mangrove.
    muhaidin darma ketua Masyarakat Peradaban Bekasi (MPB) mengatakan " seharusnya perusahan yang ada di bekasi bisa meniru langkah luar biasa PJB Muara tawar yg sudah memberikan CSR untuk menjaga dan melindungi alam bekasi dan saya pribadi apresiasi luar biasa terhadap PJB Muara tawar atas langkah positif memelihara alam dan peduli terhadap bekasi " [red]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad